Putri, Tresya Adila (2023) Integrasi Pendekatan STEAM dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (Integrasi Pendekatan STEAM dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar)
cover.pdf - Published Version Download (53kB) |
![]() |
Text (Integrasi Pendekatan STEAM dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar)
HALAMAN PERSETUJUAN & pengesahan.pdf - Published Version Download (86kB) |
![]() |
Text (Integrasi Pendekatan STEAM dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (85kB) |
![]() |
Text (Integrasi Pendekatan STEAM dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar)
BAB I.pdf - Published Version Download (204kB) |
![]() |
Text (Integrasi Pendekatan STEAM dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar)
BAB V.pdf - Published Version Download (51kB) |
![]() |
Text (Integrasi Pendekatan STEAM dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version Download (151kB) |
![]() |
Text (Integrasi Pendekatan STEAM dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar)
Skripsi_Tresya Adila Putri_A1D119187_compressed (2).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Putri. Tresya Adila. 2023. “Integrasi Pendekatan STEAM dengan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Sekolah Dasar”: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, pembimbing (1) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. (2) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata kunci : Keaktifan, hasil belajar, Pendekatan STEAM, PBL Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui pengintegrasian pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan model PBL (Problem based learning) pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 55/I Sridadi dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data adalah obsevasi (pengamatan), Tes, dan dokumentasi. Instrumen observasi yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan siswa dan lembar observasi kegiatan guru. Instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa adalah dengan melakukan tes formatif di setiap kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran STEAM dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di tema 6, upaya dalam meningkatkan keaktifan siswa menggunakan instrumen lembar observasi yang didasarkan pada siklus 1 memperoleh persentase keberhasilan sebesar 25,93% dan siklus 2 sebesar 70,37%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh persentase keberhasilan ketuntasan klasikal sebesar 46,30% dan meningkat pada siklus dua sebesar sebesar 75,93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di tarik kesimpulan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran STEAM debgan model PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa yang dilihat dari peningkatan keaktifan sudah mencapai 70% dan hasil belajar sudah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 75%. Selain itu pendekatan ini dapat dijadikan alternatif pendekatan pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, hasil belajar, Pendekatan STEAM, PBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | putri |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 04:15 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 04:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |