Putri, Damayanti Satria Pengembangan panduan virtual laboratory pada praktikum fisika dasar 1 berbasis discovery learning untuk percobaan kesetimbangan dan bandul sederhana. Jurnal Cakrawala Pendidikan.
![]() |
Text
DAMAYANTI.SP(RSA1C313007).pdf - Published Version Download (157kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan virtual laboratory pada praktikum Fisika Dasar I berbasis discovery learning untuk percobaan kesetimbangan dan bandul sederhana serta mengetahui persepsi mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jambi dengan subjek penelitian mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, angket kebutuhan mahasiswa, angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket persepsi mahasiswa. Data kualitatif dianalisis dengan model Miles and Huberman sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan ini mendapat respon baik dari mahasiswa dan dapat digunakan sebagai penunjang tambahan dalam praktikum Fisika Dasar I untuk percobaan Kesetimbangan dan Bandul Sederhana. Dengan skor validasi ahli media dan ahli materi terhadap panduan virtual laboratory yaitu 72 dan 53 termasuk dalam kategori amat baik. Hasil persepsi mahasiswa pada uji coba adalah 64,93 yang dikategorikan amat baik. Produk yang dihasilkan memiliki spesifikasi antara lain memiliki format .exe dan 3DP yang dapat dijalankan pada komputer. Pada panduan virtual laboratory ini berisi kata pengantar, tombol navigasi yang menjelaskan fungsi-fungsi dari tombol yang digunakan dalam panduan, daftar isi otomatis, tujuan praktikum, pre-test, kegiatan yang berbasis discovery learning, prosedur percobaan, gambar, simulasi, serta laporan praktikum. Dari hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa panduan virtual laboratory yang dikembangkan layak digunakan sebagai penunjang tambahan dalam proses kegiatan praktikum. Tetapi masih ada yang perlu diperbaiki seperti simulasi agar input datanya lebih bervariasi dan mengembangkan panduan virtual laboratory yang dapat berpengaruh terhadap keterampilan proses.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DAMAYANTI SP |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 06:36 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4704 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |