NURFITRIANA, RAMA AIDINA ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURAHHMAN SAYOETI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURAHHMAN SAYOETI.
![]() |
Text
ARTIKEL_RAMA AIDINA NURFITRIANA_RSA1C114013.pdf Download (394kB) |
Abstract
ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURAHHMAN SAYOETI Oleh: Rama Aidina Nurfitriana1), Fuldiaratman2), Yusnaidar2) 1) Alumni Prodi Pendidikan Kimia 2) Dosen Pendidikan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi E-mail: rama.aidina.nurfitiana97@gmail.com ABSTRAK Model pembelajaran mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu alternatif yang dipandang mampu membantu siswa berperan aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa khususnya pada materi hidrolisis garam adalah dengan menerapkan model Problem Solving. Dari beberapa penelitian sebelumnya masih belum terlihat apakah pelaksanaan dari model terlaksana dengan baik, maka perlu diadakan analisis dari model Problem Solving dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving pada materi hidrolisis garam terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif korelasional. Desain yang digunakan adalah Mix Method. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI MIPA 4. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis yang digunakan menggunakan korelasi Bivariate Pearson dengan uji signifikasi untuk mendapatkan hasil thitung. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Keterlaksanaan model Problem Solving oleh guru dan siswa dikategorikan baik, keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan tiap pertemuannya. Terdapat korelasi yang kuat antara pelaksanaan model Problem Solving dengan keterampilan berpikir kritis dilihat dari koefisien korelasi nilai rxy yaitu 0,69. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving dikategorikan baik yang didukung oleh data kuantitatif hasil penelitian serta terdapat korelasi antara keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Hidrolisis Garam, Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Problem
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RAMA AIDINA N. |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 08:19 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 08:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |