PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROYEK DESIGN THINKING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

Puspita, Geni (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROYEK DESIGN THINKING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (71kB)
[img] Text
PERSETYJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI, SARAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text (Skripsi)
BISMILLAH 1 SKRIPSI GENI PUSPITA (DipulihkanOtomatis)_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini yaitu terbatasnya sumber belajar yang digunakan peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis proyek design thinking berbantuan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi transformasi geometri, (2) mengetahui kelayakan e-modul berbasis proyek design thinking berbantuan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development,implementation, evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Islam Al Falah Kota Jambi tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini dilakukan uji coba perorangan yaitu dengan satu orang guru matematika, uji coa kelompok kecil yang terdiri dari 6 peserta didik dan uji coba kelompok besar yang terdiri dari 34 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, dan angket uji coba kelompok besar serta tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas e-modul pembelajaran, dengan kriteria kevalidan diperoleh dari hasil validasi materi dengan persentase 82% kriteria “cukup valid” dan hasil validasi desain 86% kriteria “sangat valid”. Untuk kriteria kepraktisan, angket kepraktisan guru 80% kriteria “cukup praktis” dan angket kepraktisan siswa 92,96% krietria “sangat praktis”. Untuk kriteria keefektifan diperoleh dari hasil angket respon siswa dengan persentase 79,18% kriteria “cukup efektif”, dan hasil implementasi menunjukkan bahwa e-modul berbasis proyek design thinking berbantuan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis yang telah dikembangkan cukup efektif dengan analisis uji N-gain diperoleh skor 78% dalam kategori efektif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Proyek Design Thinking Augmented Reality Transformasi Geometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Puspita
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:52
Last Modified: 14 Apr 2023 02:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47212

Actions (login required)

View Item View Item