SANTOSO, KARINA BUDI PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMK S TAMAN BUDAYA KOTA JAMBI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (STUDI KASUS DI SMK S TAMAN BUDAYA KOTA JAMBI). JURNAL PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMK S TAMAN BUDAYA KOTA JAMBI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (STUDI KASUS DI SMK S TAMAN BUDAYA KOTA JAMBI).
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (338kB) |
Abstract
ABSTRAK Santoso, Karina, B. 2018. Problematika Guru dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK S Taman Budaya Kota Jambi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 : Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd, (2) Rustam, S.Pd, M.Hum. Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran, Karangan Deskripsi Problematika pembelajaran merupakan berbagai persoalan-persoalan sulit yang dihadapi dalam proses pembelajaran dan perlu pemecahan atau penyelesaian agar masalah dapat diatasi. Guru merupakan salah satu unsur yang penting dalam proses belajar mengajar yang dituntut harus memiliki kemampuan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pengajaran di kelas. Rumusan masalah yang diambil problematika pembelajaran apa yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam materi menulis karangan deskripsi di kelas X SMK S Taman Budaya Kota Jambi semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh informasi bagaimana problematika yang dialami guru bidang studi bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas X SMK S Taman Budaya Kota Jambi semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK S Taman Budaya Kota Jambi di kelas X semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Data yang disuguhkan berupa data primer dan sekunder. Data primer yakni data mengenai problematika guru dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi yang diperoleh melalui wawancara dengan guru kelas X di SMK S Taman Budaya Kota Jambi. Sedangkan data sekunder yakni dengan dokumen-dokumen hasil evaluasi pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa di kelas X SMK S Taman Budaya Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi langsung, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan problematika guru dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas X SMK S Taman Budaya Kota Jambi dapat diatasi. Tetapi apabila dilihat secara rinci mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian ada beberapa hal yang menjadi problematika yang menyulitkan guru. Secara umum problematika tersebut terjadi karena kondisi fisik, tidak tersedianya sarana dan prasarana yang dapat dijadikan media pembantu pembelajaran dan evaluasi. Disarankan kepada guru saat mengajarkan materi menulis karangan deskripsi hendaknya berusaha menciptakan situasi pembelajaran yang bervariatif dan menyenangkan. Selain itu hendaknya guru dalam menyampaikan materi mengurangi penggunaan metode ceramah agar siswa tidak jenuh selama guru menerangkan, kejenuhan yang dialami siswa dapat menurunkan tingkat konsentrasi terhadap pemahaman materi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | KARINA BUDI SANTOSO |
Date Deposited: | 12 Jul 2018 09:39 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 09:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4788 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |