RINI, MEITA ANANDA Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Metode Diskusi Kelompok Dalam Layanan Informasi Pada Siswa Kelas VIII 5 SMP Negeri 21 Batanghari. BIMBINGAN DAN KONSELING. (In Press)
![]() |
Text
ARTIKEL MEITA ANANDARINI.pdf Download (111kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Metode Diskusi Kelompok Dalam Layanan Informasi Pada Siswa Kelas VIII 5 SMP Negeri 21 Batanghari NIM : A1E114018 Pembimbing : 1. Dr. Akmal Sutja, M.Pd 2. Drs. H. Rasimin, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan minat belajar melalui metode diskusi kelompok dalam layanan informasi pada siswa kelas VIII.5 SMPN 21 Batanghari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 yang memiliki minat belajar rendah yaitu 30 orang siswa yang diambil berdasarkan rekomendasi guru pembimbing dan wali kelas, leger nilai dan angket Pre-Test sebelum pelaksanaan layanan. Minat belajar merupakan kecenderungan dalam hati terhadap sesuatu yang menimbulkan gairah atau keinginan terhadap sesuatu tersebut. Minat belajar merupakan salah satu factor dalam memperoleh hasil belajar. Sebab, tanpa adanya minat belajar yang tinggi siswa merasa terpaksa dan terbebani dalam kegiatan belajar. Layanan informasi merupakan proses bantuan yang diberikan guru pembimbing kepada siswa untuk membekali siswa dengan pengetahuan serta pemahaman akan informasi yang mereka butuhkan. Layanan informasi sendiri dapat digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan minat belajar pada siswa. Penelitian ini didasari dengan banyaknya fenomena siswa yang belum bisa mengikuti proses belajar dengan baik, tidak adanya keaktifan dan ketertarikan siswa dalam proses belajar. Selain itu, penelitian ini juga didasari oleh salah satu tujuan pelaksanaan layanan informasi yaitu mampu mencegah timbulnya masalah dan mengembangkan potensi individu serta memungkinkan individu membuka diri dalam mengaktualisasikan hak-haknya. Teknik yang digunakan dalam layanan ini adalah teknik diskusi kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru bimbingan dan konseling. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Lembar observasi yang digunakan untuk menilai proses tindakan berjumlah 19 pernyataan dan angket yang digunakan untuk menilai hasil tindakan berjumlah 28 pernyataan dengan dua pilihan jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Dari hasil penelitian diperoleh presentase minat belajar siswa sebelum pelaksanaan layanan adalah 59,4% dengan tingkatan sedang, kemudian meningkat sebesar 10,4% menjadi 69,8% dengan tingkatan tinggi pada siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,4% menjadi 78,2% berada pada tingkatan tinggi dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 8,7% menjadi 86,9% berada pada tingkatan tinggi. Keywords: Kemampuan Minat Belajar, Metode Diskusi Kelompok
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MEITA ANANDA RINI |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 07:26 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 07:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |