perbedaan penyesuaian diri siswa dilihat dari pola asuh orang tua di SMPN 17 Kota Jambi

handari, atika perbedaan penyesuaian diri siswa dilihat dari pola asuh orang tua di SMPN 17 Kota Jambi. anisah bimbingan konseling.

[img] Text
ARTIKEL ATIKA HANDARI.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Perbedaan Penyesuaian Diri Siswa dilihat dari Pola Asuh Orangtua di SMP N 17 Kota Jambi Nama : Atika Handari NIM : RRA1E113004 Pembimbing 1 : Drs. Joni Afri, M.Pd Pembimbing 2 : Drs. Rasimin, M.Pd Setiap siswa memiliki perbedaan penyesuaian diri. Begitu pula dengan siswa yang memiliki pola asuh yang berbeda-beda tentu nya akan menghasillan penyesuaian diri yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian diri terhadap pola asuh orangtua di SMP N 17 Kota Jambi. Penyesuaian diri merupakan suatu kemampuan yang dibutuhkan individu untuk menyelaraskan atau menyesuaikan dan menanggapi tuntutan yang ada baik dari dalam diri individu maupun dari luar individu sehingga individu tersebut dapat mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Indikator untuk penyesuaian diri pada penelitian ini yaitu berupa aspek penyesuaian diri yang meliputi kontrol terhadap emosi yang berlebihan, mekanisme pertahanan diri, frustasi personal, pertimbangan rasional, kemampuan untuk belajar, kemampuan untuk memanfaatkan masa lalu, serta sikap realistik dan objektif. Pola asuh orangtua yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pola asuh demomkratis, otoriter, dan permisif Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian diri siswa dilihat dari pola asuh orangtua di SMP N 17 Kota Jambi. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 77 orang dengan teknik pengambilan sample secara simple random sampling yakni diambil secara acak sesuai ukuran representatif dengan cara setiap orang berpeluang sama untuk jadi sampel. Instrumen pengumpulan data yang dipakai yaitu berupa angket dengan memakai skala dikhotomis. Uji hipotesis yang didapatkan hasil untuk penyesuaian diri pola asuh demokratis dengan otoriter nilai t-hitung pada tabel hasil uji t sebesar 2,562 pada df 70 dengan t-tabel 1,994 (2,562>1,994) dengan arti terdapat pebedaan yang siginikasi. Untuk penyesuaian diri siswa yang memiliki pola asuh demokratis dengan permisif, nilai t-hitung hasil uji t yaitu sebesar 2,652 pada df 64 dengan t-tabel 1,997 (2,562>1,997) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perbedaan penyesuaian diri pada siswa yang memiliki pola asuh otoriter dengan permisif memiliki nilai t-hitung sebesar 0,392 pada df 32 dengan nilai t.tabel sebesar 2,036 (0,392<2,036) maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ATIKA HANDARI
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:59
Last Modified: 16 Jul 2018 07:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4839

Actions (login required)

View Item View Item