Nurzakia, Alvina (2023) Implementasi Media Objek Langsung dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas VIII.5 SMP Islam Al Falah Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (818kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media objek langsung dalam pembelajaran di kelas VIII.5 SMP Islam Al Falah Jambi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai tambahan ilmu bagi peneliti terutama tentang media objek langsung dalam pemebelajaran menulis puisi, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi penegmbangan teori pembelajaran Bahasa Indonesia dan bagi peserta didik agar termotivasi dan senang belajara Bahasa Indonesia. Bagi pendidik, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadikan bahan referensi untuk pemilihan media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII.5 serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi media objek langsung terlaksana. Tahapan pembelajaran melalui media objek langsung, yakni tahapan perencanaan dalam implementasi media objek langsung guru menyiapakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Menyiapakan media objek langsung yang digunakan saat proses pembelajaran, dan menyiapkan materi pembelajaran. Kemudian tahap pelaksanaan pembelajaran dengan media objek langsung siswa di ajak keluar kelas untuk mengamati objek langsung dan siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, siswa mulai mengamati objek yang telah ditentukan dan mulai menulis puisi, kemudian hasil menulis puisi tersebut dikumpulkan. Terakhir, tahap evaluasi guru menilai hasil menulis puisi siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan berbagai media agar pembelajaran lebih menarik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Media Objek Langsung, Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Nurzakia |
Date Deposited: | 11 May 2023 06:28 |
Last Modified: | 11 May 2023 06:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |