ROYANI, IDA PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SARANA SEKOLAH TERHADAP IKLIM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SARANA SEKOLAH TERHADAP IKLIM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
RRA1A113024-ARTIKEL.pdf Download (383kB) |
Abstract
ABSTRAK Ida Royani. 2018. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sarana Sekolah Terhadap Iklim Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 10 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. H. Rahmat Murboyono, M. Pd, Pembimbing II Drs. H. Arpizal, M. Pd Kata Kunci: Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sarana Sekolah, Iklim Pembelajaran Hasil observasi awal penulis di SMP Negeri 10 Kota Jambi, guru mata pelajaran IPS Terpadu pun masih menghadapi berbagai masalah.Guru-guru IPS masih menggunakan sistem kuota dalam pola pembelajaran yang digunakan masih cenderung kurang melibatkan keaktifan siswa secara optimal. Penggunaan buku-buku paket yang didominasi oleh materi pelajaran dalam bentuk teks serta pemanfaatan LKS masih lebih banyak digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Mereka juga menyatakan bahwa siswa seringkali kurang memperhatikan dalam proses pembelajaran yang diduga dikarenakan materi IPS dianggap membosankan dan tidak menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan sarana sekolah terhadap iklim pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 10 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel) yaitu pemanfaatan teknologi informasi 〖(X〗_1), dan sarana sekolah〖 (X〗_1), (Variabel terikat (dependen variabel). Iklim pembelajaran (Y). Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dalam penelitian ini yaitu di SMPN 10 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, Untuk variabel pemanfaatan teknologi informasi (X1) sebesar 0.098 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.098 (X1). Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 3.815 dibandingkan dengan t tabel = 1,6672, Untuk variable sarana prasarana sekolah (X2) . Pada tabel tersebut nilai t sebesar 9,274 dibandingkan dengan t tabel = 1.6672, dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak, Untuk uji regresi berhanda diketahui Rsquare = 0,569 sementara rtabel = 0,235 Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi dan sarana prasarana sekolah terhadap iklim pembelajaran pada mata pelajaran IPS terpadu Siswa SMP Negeri 10 Kota Jambi dengan Besaran dalam Persamaan Regresi sebesar 56,9%. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi dan sarana sekolah terhadap iklim pembelajaran pada mata pelajaran IPS terpadu Siswa SMP Negeri 10 Kota Jambi. Saran pada penelitian ini diharapkan guru lebih kreatif dan interaktif dalam pembelajaran serta pembelajaran menjadi lebih menarik untuk diikuti oleh siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa untuk mata pelajaran IPS.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | IDA ROYANI |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 08:48 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 08:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |