Manajemen Layanan Perpustakaan Universitas Jambi dalam Era Digital

Sihombing, Jemi (2023) Manajemen Layanan Perpustakaan Universitas Jambi dalam Era Digital. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK_JEMI SIHOMBING_A1D519018.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I_JEMI SIHOMBING_A1D519018.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB V_JEMI SIHOMBING_A1D519018.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN_JEMI SIHOMBING_A1D519018.pdf

Download (157kB)
[img] Text
PENGESAHAN_JEMI SIHOMBING_A1D519018.pdf

Download (170kB)
[img] Text
JEMI SIHOMBING_A1D519018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sihombing, Jemi. 2023. Manajemen Layanan Perpustakaan Universitas Jambi Dalam Era Digital. Skripsi, Administrasi Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Skripsi Dr. Yantoro, M.Pd (II) Musyaiyadah, M.Pd.I Kata kunci: Manajemen, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Digital. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui manajemen layanan perpustakaan dan untuk mengetahui kendala dalam layanan sirkulasi di perpustakaan Universitas Jambi dalam era digital. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode triangulansi metodologis yaitu observasi, wawancara dan dokumen melalui 3 prosedur penelitian yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisa data. Narasumber penelitian adalah ketua bagian jaringan server dan otomasi perpustakaan dan pustakawan layanan sirkulasi. Pada penelitian ini yang menjadi permasalahan ialah manajemen layanan perpustakaan dan kendala-kendala dalam manajemen layanan sirkulasi di perpustakaan Universitas Jambi dalam era digital Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen layanan perpustakaan Universitas Jambi ditinjau dari beberapa hal yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang sudah berjalan baik namun dalam penerapan e-library di Universitas Jambi masih belum maksimal. Diperoleh juga hasil bahwa dalam perpustakaan terdapat 3 layanan secara garis besar yaitu layanan pengolahan, administrasi umum dan keuangan, teknis. Kemudian terdapat 4 layanan yang disajikan dalam layanan sirkulasi yaitu peminjaman, pengembalian, perpanjangan, tandon. Adapun kendala dalam manajemen perpustakaan Universitas Jambi yaitu Fasilitas yang kurang memadai, Jaringan yang tidak stabil, Jumlah pustakawan yang terbatas, Keterbatasan pustakawan dalam mengikuti pemenuhan informasi mahasiswa, Terbatasnya dana untuk perpustakaan, Perpustakaan Universitas Jambi hanya di peruntukkan untuk civitas akademika Universitas Jambi yang sudah terdaftar di Siakad.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Digital.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: SIHOMBING
Date Deposited: 23 May 2023 02:36
Last Modified: 23 May 2023 02:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48900

Actions (login required)

View Item View Item