ANALISIS BERPIKIR PSEUDO SISWA THINGKING INTROVERT DALAM MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Wulandari, Try (2023) ANALISIS BERPIKIR PSEUDO SISWA THINGKING INTROVERT DALAM MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (777kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (999kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (277kB)
[img] Text
cover try.pdf

Download (585kB)
[img] Text
Skripsi try wulandaris.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Try, 2023. Analisis Berpikir Pseudo Siswa Thinking Introvert Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Berbasis Etnomatematika: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si. (II) Dra. Sofnidar, M.Si. Kata Kunci: Etnomatematika, Pseudo, Thinking Introvert Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir pseudo siswa thinking introvert dalam menyelesaikan soal pecahan berbasis etnomatematika. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan subjek penelitian sebanyak 2 siswa kelas IV SD Negeri 47 Kota Jambi dengan kepribadian thinking introvert. Teknik pengumpulan data dengan pemberian lembar soal tes materi pecahan berbasis etnomatematika yang dapat memungkinkan siswa menjadi lebih mudah memahami soal karena berkaitan langsung dengan budaya mereka sendiri dilanjutkan dengan pemberian wawancara, kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal pecahan berbasis etnomatematika memang terjadi dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua subjek mengalami berpikir pseudo salah meskipun setelah dianalisis dalam setiap indikatornya ada beberapa indikator yang memenuhi indikator berpikir pseudo yaitu dalam tahap memahami soal hal ini dikarenakan soal yang diberikan berbasis etnomatematika dimana hal tersebut memudahkan siswa dalam memahami soal karena berbentuk soal cerita yang terjadi di keseharian mereka. Pseudo salah terjadi ketika siswa memberikan jawaban yang salah namun ketika siswa diberikan refleksi diri siswa dapat memperbaiki jawabannya dengan benar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Pseudo, Thinking Introvert
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wulandari
Date Deposited: 24 May 2023 03:56
Last Modified: 24 May 2023 03:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48985

Actions (login required)

View Item View Item