UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMKS DHARMA BHAKTI 4 KOTA JAMBI

Mardiansyah, Andi (2023) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMKS DHARMA BHAKTI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
0. Abstrak.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMKS DHARMA BHAKTI 4 KOTA JAMBI)
1. BAB 1.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMKS DHARMA BHAKTI 4 KOTA JAMBI)
5. BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (42kB)
[img] Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMKS DHARMA BHAKTI 4 KOTA JAMBI)
7. Daftar Rujukan.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENEGAKKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMKS DHARMA BHAKTI 4 KOTA JAMBI)
Lembar Pengesahan.pdf - Submitted Version

Download (779kB)
[img] Text
Skripsi Full Andi Mardiansyah_A1D519082.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengenai upaya kepala sekolah dalam menegakkan kedisiplinan peserta didik di SMKS Dharma Bhakti 4 Kota Jambi dan faktor yang mempengaruhi penegakkan kedisiplinan peserta didik di SMKS Dharma Bhakti 4 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala sekolah, guru dan peserta didik. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis penyajian data dimulai dari mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepala sekolah telah melakukan berbagai cara dalam mempertahankan tingkat kedisiplinan, adapun upaya yang sudah dilakukan kepala sekolah yaitu melakukan keterampilan berkomunikasi, menerapkan disiplin yang terintegritas, menerapkan konsep diri, dan menerapkan konsekuensi logis dan alami. Upaya ini sudah dilakukan dengan baik namun belum terlaksana secara optimal dan maksimal dikarenakan masih ditemukan peserta didik yang memiliki kesadaran rendah dan tidak mengetahui akan adanya tata tertib (2) faktor yang mempengaruhi dalam penegakkan disiplinan peserta didik yaitu kesadaran diri, pengikutan dan ketaatan, alat pendidikan, hukuman serta model disiplin yang digunakan yaitu konsep kebebasan terkendali.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Kepala Sekolah, Kedisiplinan, Peserta Didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: MARDIANSYAH
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:38
Last Modified: 08 Jun 2023 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49668

Actions (login required)

View Item View Item