selvani, mea wiyana (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Lectore Inspire Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP. S1 thesis, pendidikan matematika.
![]() |
Text
REVISI 3 SKRIPSI MEA WIYANA SELVANI fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (135kB) |
Abstract
ABSTRAK Wiyana, Mea. 2023. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Lectora Inspire dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dra. Sofnidar, M.Si, (2) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si Kata Kunci : Multimedia, Software Lectora Inspire, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Bangun Ruang Sisi Datar Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi masih tergolong rendah yang ditunjukan pada saat peneliti melakukan observasi awal dan hasil belajar siswa, siswa masih cenderung tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan, dan juga pembelajaran masih berpusat kepada guru dengan belum adanya teknologi dan multimedia pembelajaran yang ada pada sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh multimedia interaktif menggunakan Software Lectora Inspire dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi materi, validasi desain dan validasi multimedia, guru matematika kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi, serta peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Dan untuk instrument pengumpulan data dengan 3 kriteria yaitu kevalidatan, kepraktisan dan keefektifan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa diberikan pre-test dan pos-test. Dengan tingkat kualitas berdasarkan 3 kriteria yaitu : kevalidatan, kepraktisan dan keefektifan yang diperoleh dari : (1) presentase kevalidan multimedia interaktif dari ahli materi 80% (cukup valid) , ahli desain 86,9% (sangat valid) dan ahli multimedia 88,75% (sangat valid), (2) presentase kepraktisan multimedia interaktif oleh pendidik 90,7% (sangat praktis) dan peserta didik 83,3 % (sangat praktis), (3) presentase keefektifan multimedia interaktif angket respon siswa 86,8% (sanagt efektif) serta dari tes hasil belajar berupa pre-test dan pos-test dengan menggunakan N-Gain sebanyak 1 orang kriteria rendah, 15 orang kriteria sedang dan 16 orang kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan Uji N-Gain penggunaan multimedia interaktif menggunakan Software Lectora Inspire dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SELVANI |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 07:12 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |