Pengaruh Penerapan Model Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 1 Muaro Jambi

Nurhayati, Nurhayati (2023) Pengaruh Penerapan Model Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran secara sadar yang disengaja dan direncanakan sebagai usaha untuk mengembangkan kemampuan diri seseorang melalui bimbingan, pelatihan, penelitian maupun suatu proses pengajaran. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang dirancang oleh pemerintah dengan tujuan untuk dapat menghadapi dan menjawab tantangan yang akan dihadapai oleh bangsa Indonesia di masa depan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) pada materi larutan penyangga, bagaimana pengaruh penggunaan model CORE terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI SMAN 1 Muaro Jambi dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model CORE pada materi larutan penyangga. Penelitian ini bermanfaat bagi peserta didik, pendidik, sekolah dan peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan bentuk desain Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Non Equivalent Control Group Design. Instrumen penelitian ini berupa tes esai dan instrumen penilaian berpikir kreatif siswa. Untuk melihat pengaruh model terhadap berpikir kreatif siswa dilakukan uji t pada data hasil tes esai. Berdasarkan hasil uji t dengan taraf nyata α = 5% yang diperoleh pada data hasil tes esai yaitu thitung = 2,3141 > ttabel = 1,6716, hasil pengolahan data dengan uji Liliefors diketahui bahwa data berdistribusi normal dengan Lhitung = 0,105 < Ltabel = 0,161, serta pengolahan data dengan uji Fisher diketahui data homogen dengan Fhitung = 1,0802 < Ftabel = 1,8608. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model CORE terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI SMAN 1 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Berpikir Kreatif, Larutan Penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurhayati
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:57
Last Modified: 14 Jun 2023 07:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50140

Actions (login required)

View Item View Item