PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 8 MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI

KURNIADI, MUHAMMAD DWI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 8 MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 8 MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL upload.pdf

Download (604kB)

Abstract

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 8 MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI Muhammda Dwi Kurniadi, Budi Purnomo, Siti Syuhada FKIP Universitas Jambi ABSTRAK Media pembelajaran memiliki arti penting dalam dunia pendidikan. Media dapat membantu para siswa memahami materi pembelajaran yang sifatnya abstrak menjadi lebih nyata untuk dipelajari. Media yang saat ini sedang berkembang dengan pesat adalah media pembelajaran berbasis komputer. Salah satu software yang dapat digunakan untuk mendesain media pembelajaran adalah Camtasia Studio 8. Berdasarkan hasil observasi di SMA Xaverius 2 Kota Jambi, diperoleh informasi bahwapenjelasan guru untuk materi pendudukan Jepang di Indonesia belum dipahami sepenuhnya. Walaupun 90% siswa mengatakan bahwa mereka menyukai materi tersebut dan 80% mengatakan materi tersebut bukanlah materi yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran Sejarah untuk materi pendudukan Jepang di Indonesia. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahapan A (analysis),D (design),D (development),I (implementation),dan E (evaluation).Jenis data yang diambil dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari angket validasi ahli media pembelajaran dan materi pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket persepsi siswa dan penilaian guru. Validasi dilakukan oleh ahli media pembelajaran sebanyak 2 kali dan ahli materi pembelajaran sebanyak 2 kali. Skor akhir dari validasi media pembelajaran adalah 69 termasuk dalam kategori “sangat baik” dan skor akhir ahli materi pembelajaran adalah 74 termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil ujicoba kelompok kecil siswa memperoleh skor 80,34% dengan kategori “baik”, dan hasil ujicoba kelompok besar siswa memperoleh skor 86,78 dengan kategori “sangat baik” sedangkan untuk penilaian guru diperoleh skor 72 dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian, video pembelajaran dengan menggunakan Camtasia Studio 8 dinyatakan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di Sekolah Menengah Atas pada materi pendudukan Jepang di Indonesia serta dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran mandiri siswa. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dan acuan dalam mengembangkan produk media yang relevan. Kata Kunci : Pengembangan video pembelajaran, Camtasia Studio 8, Pendudukan Jepang di Indonesia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD DWI KURNIADI
Date Deposited: 30 Aug 2018 07:07
Last Modified: 30 Aug 2018 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5027

Actions (login required)

View Item View Item