Prasetyo, Muhammad Sigit (2023) MENIGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE SIMULASI DI TK KEMALA BHAYANGKARI 29 KOTA JAMBI. S1 thesis, PG-PAUD.
![]() |
Text
cover.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (912kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
bab v.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
Skripsi Sigit Baru-1.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada saat peneliti observasi awal di lapangan di TK Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi pada tanggal 25 Maret 2022, peneliti melihat ada beberapa anak yang kemampuan pemecahan masalah anak belum berkembang secara optimal, dari 11 anak terdapat 8 anak yang belum terlihat optimal yaitu AD, AK, FR, NY, BH, ZF, KA, LM, contohnya seperti ketika FR sedang bermain bola tangan. Bola itu jatuh kekolong lemari dan tangan anak tidak sampai mencapai bola tersebut. NY terlihat bingung berbuat apa untuk mengambil bola yang jatuh ke kolong lemari. Ketika ZF mengambil dan meletakkan barang ke tempat yang tinggi tapi anak tidak dapat meraih tempat tinggi tersebut, anak juga terlihat bingung berbuat bagaimana. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan subjek penelitian adalah peserta didik TK Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi Kelompok B2 berjumlah 15 anak, 8 laki-laki dan 7 perempuan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil setelah melaksanakan siklus I, pada pertemuan I anak memperoleh nilai rata-rata 64 dan jumlah keseluruhan 960. Pada pertemuan II diperoleh rata-rata 66 dengan jumlah keseluruhan 990, Pada pertemuan III diperoleh rata-rata 47 dengan jumlah keseluruhan 1040, setelah melaksanakan siklus II, pada pertemuan I anak memperoleh nilai rata –rata 72 dan jumlah keseluruhan 1087. Pada pertemuan II diperoleh rata-rata anak sebesar 73 dan jumlah keseluruhan 1097. Pada pertemuan III diperoleh rata-rata anak sebesar 77 dan jumlah keseluruhan 1150, setelah melaksanakan siklus III, pada pertemuan I anak memperoleh nilai rata –rata 83 dan jumlah keseluruhan 1250. Pada pertemuan II diperoleh rata-rata anak sebesar 80 dan jumlah keseluruhan 1763. Pada pertemuan III diperoleh rata-rata anak sebesar 91 dan jumlah keseluruhan 1367. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun melalui metode simulasi di TK Kemala Bahyangkari 29 Kota Jambi. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Simulasi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | PRASETYO |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 06:50 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 06:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |