Rahayu, Desi ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA BERKEPRIBADIAN INTUITION DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X SMA. UNJA.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (600kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kreatif yang sangat berguna dalam mempelajari strategi-strategi untuk mengidentifikasi masalah, membuat keputusan, dan menemukan solusi dari suatu masalah. Kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat berdasarkan indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berpikir kreatif dan menentukan tingkat berpikir kreatif siswa berkepribadian intuition dalam memecahkan masalah matematis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batanghari kelas X MIPA 1 tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi (mix methods). Subjek penelitian adalah 4 siswa yang memiliki kepribadian intuition terkuat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pemilihan subjek, lembar soal pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara berpikir kreatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk indikator kefasihan mencapai persentase 75%, semua subjek dapat menjawab soal namun masih terdapat kekeliruan dalam melakukan perhitungan. selanjutnya, indikator fleksibilitas mencapai persentase 93,75%, semua siswa dapat memberikan jawaban lebih dari satu cara (beragam) tetapi ada subjek yang masih terdapat kekeliruan dalam melakukan perhitungan. Untuk indikator kebaruan mencapai persentase 34,37%, ada subjek yang dapat memberikan jawaban dengan cara baru namun ada pula subjek yang tidak dapat memberikan jawaban dengan cara baru. Dari ketiga indikator berpikir kreatif maka indikator yang terpenuhi adalah indikator kefasihan dan fleksibilitas, sedangkan indikator kebaruan tidak terpenuhi. Secara umum, siswa yang memiliki kepribadian intution dikategorikan dalam tingkat berpikir kreatif yaitu tingkat 3 (kreatif).
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DESI RAHAYU |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 04:56 |
Last Modified: | 04 Sep 2018 04:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |