Umayroh, Asy-syifa Ainil (2023) Pengembangan Lembar Proyek Sapu Elektrik Metode Eksperimen Fisika yang Terintegrasi PjBL-STEAM. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
Skripsi Sipaaaaaa-dikompresi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
pengesahan dan persetujuan syifa.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
BAB V 2.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan wawancara bersama beberapa mahasiswa aktif Pendidikan Fisika Angkatan 2020 Universitas Jambi yang telah belajar mata kuliah Metode Eksperimen Fisika didapatkan bahwa ketika mereka sedang mengalami proses pembelajaran ataupun melakukan proses eksperimen metode eksperimen fisika mereka merasa kurang tertarik dalam mata kuliah metode eksperimen fisika ini. Tujuan penelitian ini aitu untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berupa lembar proyek sapu elektrik metode eksperimen fisika yang terintegrasi PjBL-STEAM dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap lembar proyek mahasiswa tersebut. Penelitian ini menghasilkan sebuah bahan ajar berupa lembar proyek sapu elektrik yang terintegrasi PjBL-STEAM pada mata kuliah metode eksperimen fisika. Lembar proyek mahasiswa ini dikembangkan sebagai sumber belajar mahasiswa untu memudahkan mahasiswa dalam melakukan eksperimen. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D (Resarch and Development).Tahapan pengembangan yang dilakukan ialah tahap define, design dan development. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 30 orang mahasiswa aktifa pendidikan fisika angkatan 2020 Univrsitas Jambi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar validasi ahli, lembar uji coba instrumen, lembar angket persepsi mahasiswa dan dokumentasi. Hasil dari penelitian pengembangan adalah produk berupa lembar proyek mahasiswa sapu elektrik terintegrasi STEAM pada mata kuliah metode eksperimen fisika yang telah di validasi oleh para ahli. Hasil validasi ahli materi yaitu didapatkan pada validator 1 tahap I yaitu 69 % dan tahap II yaitu 97% dan validator materi 2 pada tahap I yaitu 75% dan tahap II 92%. Hasil validasi ahli media yaitu didapatkan pada validator 1 tahap I yaitu 70% dan tahap II 97% dan validator media 2 pada tahap I yaitu 75% dan tahap II 94%. Hasil validasi ahi praktisi yaitu pada tahap I 82,6% dan tahap II 94,2%. Hasil persepsi mahasiwa yaitu sebesar 79,84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lembar proyek mahasiswa sapu elektrik terintegrasi STEAM dinyatakan layak untuk digunakan sebagai panduan meakukan eksperimen pada mata kuliah metode eksperimen fisika. Saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat melanjutkan penelitian sampai pada tahap disseminate agar produk dapat tersebar kesasaran yang lebih besar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | UMAYROH |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 04:51 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 04:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |