Sri Wahyuni, Septi (2023) Identifikasi Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK SEPTI SRI WAHYUNI.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I SEPTI SRI WAHYUNI.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB V SEPTI SRI WAHYUNI.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
COVER SEPTI SRI WAHYUNI.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SEPTI SRI WAHYUNI.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI SEPTI SRI WAHYUNI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (260kB) |
Abstract
Septi Sri Wahyuni. 2023. Identifikasi Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci, Pembimbing: (I) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I. (II) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd. Pada dasarnya, gadget belum waktunya untuk diberikan pada anak-anak, hal ini dikarenakan dapat memicu perilaku konsumtif yang berlebih pada anak. Penggunaan gadget pada anak dapat memberikan dampak kepada perkembangan sosial anak. Apabila seorang anak mengalami gangguan pada perkembangan sosialnya, dikhawatirkan anak akan mengalami kesulitan dalam penyesuaian dirinya, terutama dengan tuntutan-tuntutan kelompok, kemandirian anak dalam berpikir dan berperilaku, serta yang terpenting adalah gangguan dalam pembentukan konsep diri dari seorang anak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penggunaan gadget dan dampak penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak usia dini di TK Negeri Pembina Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan data primer dari hasil wawancara dan data sekunder lokasi penelitian. Teknik penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Uji validitas data dilakukan melalui triangulasi data. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget oleh anak usia dini di TK Negeri Pembina Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci lebih dari 2 jam dalam sehari. Terdapat 1 dari 5 anak yang tergolong sering dalam menggunakan gadget, yakni mencapai 4-5 jam dalam sehari. Penggunaan gadget oleh anak usia dini adalah digunakan untuk bermain game, berswafoto hingga menonton video di Youtube, TikTok maupun aplikasi lainnya. Dampak penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak usia dini di TK Negeri Pembina Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci adalah sebagian besar anak dapat menjadi lebih cenderung tidak peka terhadap lingkungan di sekelilingnya, seperti kurang peduli jika ditegur orangtua, lebih suka marah, lebih sensitif, hingga lebih suka bermain gadget dibandingkan bermain dengan teman-teman. Penggunakan gadget berdampak pada perkembangan sosial anak diantaranya adalah anak sulit dalam bersosialisasi sehingga tidak aktif jika ada belajar kelompok di sekolah dan anak lebih memilih untuk meminta gadget dibandingkan dengan belajar kelompok. Kata kunci: Penggunaan Gadget, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan Gadget, Perkembangan Sosial, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | WAHYUNI |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 07:43 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 07:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |