siboro, devi mei yanti analisi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk uraian berdasarkan taksonomi SOLO pada siswa SMP kelas VIII. Universitas Jambi.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (834kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk uraian berdasarkan taksonomi SOLO dan Mendeskripsikan penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk uraian berdasarkan taksonomi SOLO padasiswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 25 Kabupaten Tebo kelas VIII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes soal matematika dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa banyak memberikan level respon yang tidak sesuai dengan respon taksonomi SOLO. Hal ini menunjukkan bahwa siswa masih tergolong sangat rendah, dapat lihat dari perolehan nilai subjek pada masing-masing level yang terdapat pada lembar jawaban subjek. Subjek dikatakan memenuhi jika subjek mampu memenuhi seluruh indikator pada masing-masing level pada taksonomi SOLO sebaliknya jika ada subjek yang tidak mampu memenuhi satu atau semua indikator pada masing-masing level maka dikatakan tidak memenuhi indikator pada masing-masing level tersebut. Adapun jenis-jenis kesalahan menurut Subanji dan Mulyoto dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis, dan kesalahan penarikan kesimpulan. Kecenderungan kesalahan paling banyak yang dilakukan siswa yaitu kesalahan konsep dan kesalahan teknis dimana hampir semua siswa melakukan jenis kesalahan ini. Penyebab kesalahan sangat beragam dimana penyebab kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu karena siswa belum menguasai materi prasyarat yaitu teorema Pythagoras, tidak terampil dalam mengaplikasn rumus-rumus garis singgung lingkaran untuk menyelesaikan masalah, kurang terampil dalam manipulasi operasi aljabar, dan tidak teliti dalam memberikan jawaban. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa belum mampu menyelesaikan soal bertingkat hal ini ditunjukkan dengan adanya ketidaksesuaian level yang diberikan siswa dalam menjawab pertanyaan dengan level soal yang diberikan berdasarkan taksonomi SOLO.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEVI MEI YANTI SIBORO |
Date Deposited: | 10 Sep 2018 07:29 |
Last Modified: | 10 Sep 2018 07:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |