Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kota Jambi

ZUHRA, MAULIDIA Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kota Jambi. JURNAL Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kota Jambi.

[img] Text
ARTIKELKU.pdf

Download (223kB)

Abstract

Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kota Jambi Pembimbing: 1) Prof. Dr. Drs. H. Rahmat Murbojono, M.Pd 2) Nelly Indrayani, S.Hum., M.Hum ABSTRAK Prestasi belajar adalah ukuran keberhasilan peserta didik di dalam melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar dapat diperoleh dengan perangkat tes dah hasil tes yang akan memberikan informasi tentang apa yang dikuasai oleh peserta didik. Peserta didik dapat dikatakan berhasil dalam belajar apabila prestasi yang diperoleh menunjukkan nilai yang tinggi atau sesuai dengan target yang dirumuskan tujuan pembelajaran. Prestasi belajar dapat dilihat pada hasil evaluasi, sedangkan evaluasi yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai berbagai hal yang pernah diajarkan sehingga dapat diperoleh gambaran tentang pencapaian program pendidikan secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan bentuk desain pretest dan posttest yang dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Jambi Kelas X semester II tahun ajaran 2017/2018 dan dilakukan pada tanggal 30 April 2018 sampai dengan 11 Mei 2018. Hasil penelitian menyatakan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen (79,14) lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa pada kelas kontrol (67,24) dan diperoleh nilai thitung>ttabel(20,07> 2,000) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Kota Jambi. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka disarankan para guru yang mengajar mata pelajaran sejarah, dapat melakukan pengajaran sejarah dengan menggunakan metode Snowball Throwing agar siswa dapat menjalani pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna. Agar pihak sekolah dapat memfasilitasi diterapkan berbagai berbagai metode pembelajaran seperti metode Snowball Throwing sehingga guru mempunyai pilihan dalam mengajarkan suatu materi pembelajaran. dan diharapkan peneliti selanjutnya melaksanakan penelitian dengan menggunakan metode ini pada materi pembelajaran yang lain khususnya pada mata pelajaran sejarah. Kata Kunci: Metode Snowball Throwing, dan Prestasi Belajar

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MAULIDIA ZUHRA
Date Deposited: 10 Sep 2018 07:35
Last Modified: 10 Sep 2018 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item View Item