MUSEUM PERJUANGAN RAKYAT JAMBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL DI SMA

Kurniawan, Kurniawan MUSEUM PERJUANGAN RAKYAT JAMBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL DI SMA. JURNAL MUSEUM PERJUANGAN RAKYAT JAMBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL DI SMA.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (133kB)

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, A1A214024. 2018. Museum Perjuangan Rakyat Jambi sebagai Sumber Belajar Sejarah Pergerakan Nasional di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Kata Kunci : Museum Perjuangan Rakyat Jambi, Sumber Belajar Sejarah Pergerakan Nasional di SMA Hasil belajar sejarah rendah dan kurangnya pemhaman siswa terhadap tempat bersejarah di Provinsi Jambi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui museum Perjuangan Rakyat Jambi sebagai sumber belajar sejarah dengan topik sejarah pergerakan nasional di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi awal, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalh reduksi data, penyajian data, verifikasi. Museum Perjuangan Rakyat dapat dijadikan sumber belajar sejarah dengan mengkaitkan materi pada kurikulum 2013. Pemanfaatan museum ini sebagai sumber belajar mengalami kendala waktu, keselamatan, pendanaan, dan transportasi. Kendala diatasi oleh guru dengan cara menukar jam pelajaran sejarah ke jam terakhir, mengabsen siswa saat pergi dan pulang, dan ada bus khusus yang dapat dipergunakan untuk kegiatan kunjungan pendidikan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KURNIAWAN
Date Deposited: 10 Sep 2018 07:35
Last Modified: 10 Sep 2018 07:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item