IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VII C SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI

Manurung, Helen (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VII C SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (237kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran problem based learning dalam menulis teks berita di kelas VII C SMP Negeri 14 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 kota Jambi. Subjek penelitianya ialah guru bahasa Indonesia yang mengajar di Kelas VII C. Penelitian ini difokuskan pada proses pembelajaran menggunakan model PBL. Jenis penelitiannya adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu hasil wawancara bersama guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII C terkait proses pelaksanaan pembelajaran dengan model problem based learning. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi model problem based learning dalam menulis teks berita di kelas VII SMP Negeri 14 Kota Jambi dalam pelaksanaannya terlaksana sesuai dengan langkah-langkah model problem based learning yang telah dirancang di modul ajar. Hal tersebut terlihat pada langkah-langkah problem based learning, yaitu orientasi peserta didik terhadap masalah, mengorganisasi peserta didik dalam belajar, membimbing penyelidikan, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Meskipun secara keseluruhan kelima langkah model pembelajaran problem based learning terlaksana, namun ada langkah yang berjalan dengan kurang optimal, yaitu tahap menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu pembelajaran, sehingga beberapa peserta didik lainnya tidak dapat mempresentasikan yang telah dikerjakan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat mengatur strategi mengajar yang lebih baik lagi pada pelaksanaan pembelajaran model problem based learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, teks berita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Sasra Indonesia
Depositing User: MANURUNG
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:41
Last Modified: 05 Jul 2023 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51569

Actions (login required)

View Item View Item