deskripsi proses pembelajaran matematika pada siswa learning disability di kelas inklusi SMPN 6 kota jambi

suwartia, suwartia deskripsi proses pembelajaran matematika pada siswa learning disability di kelas inklusi SMPN 6 kota jambi. universitas jambi.

[img] Text
artikel.pdf

Download (591kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran matematika siswa learning disability khususnya slow learner di kelas inklusi, (2) Kendala yang dialami siswa learning disability khususnya slow learner selama pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas inklusi SMP Negri 6 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, subjek penelitian adalah guru matematika, guru pendamping khusus dan siswa learning disability khususnya slow learner. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek adala purposive sampling untuk pemilihan subjek guru sedangkan untuk pemilihan subjek siswa berdasarkan alat identifikasi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang di rekomendasikan oleh psikolok. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi dan wawancara. Tekni untuk memvalidasi data dengan trianggulasi waktu. Teknik analisis data yang digunaka terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Pelaksanaan pembelajaran siswa learning disability khususnya slow learner di kelas inklusi meliputi tiga tahapan yaitu tahap pra instruksional (tahap pendahuluan/kegiatan awal), tahap instruksional (kegiatan inti) dan penutup (2) Kendala yang dialami siswa learning disability khususnya slow learner adalah kesulitan menanamkan kosep matematika yang meliputi siswa slow learner lebih lambat dalam menerima mata pelajaran matematika dibandingkan siswa normal lain dan siswa learning disability khususnya slow learner sulit memahami materi yang diajarkan oleh guru matematika.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SUWARTIA
Date Deposited: 10 Sep 2018 09:03
Last Modified: 10 Sep 2018 09:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5162

Actions (login required)

View Item View Item