Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Media Komik Edukatif Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar

Veronika Lizani, Aulia (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Media Komik Edukatif Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_AULIA VERONIKA LIZANI_A1D119067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (68kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Lizani, Aulia Veronika 2023. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) Berbantuan Media Komik edukatif Pada Pesera Didik Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Model CIRC, Komik edukatif Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca peserta didik kelas III B SDN 112/1 Perumnas yang masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. kenyataan tersebut didapatkan dari hasil observasi pra siklus peneliti menemukan masalah dalam proses pembelajaran yaitu peserta didik dalam hal membaca pemahaman sebagian besar peserta didik kurang memahami dalam membaca, menentukan ide pokok suatu bacaan, menjawab pertanyaan berdasarkan bahan bacaan dan menceritakan kembali isi teks yang telah dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media komik edukatif dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas III B SDN 112/1 Perumnas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan melakukan wawancara, observasi melalui lembar observasi aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran CIRC, tes kemampuan membaca pemahaman dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media komik edukatif dalam proses pembelajaran kelas III mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Pada siklus I rata-rata presentase diperoleh sebesar 44%, pada siklus II, mengalami peningkatan diperoleh sebesar 76%. Terdapat peningkatan berturut-turut disetiap pertemuan pada siklus I dan II dengan jenjang 40% sampai 70%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan media komik edukatif mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang dilihat dari peningkatan yang telah mencapai lebih dari 75% atau sebanyak 19 peserta didik mampu memenuhi indikator keberhasilan peneliti

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Model CIRC, Komik edukatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Lizani
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:47
Last Modified: 07 Jul 2023 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51708

Actions (login required)

View Item View Item