Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine Berbasis Android Pada Materi Procedure Text

Oferischa, Della (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine Berbasis Android Pada Materi Procedure Text. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Della tesis semhasss.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Della tesis semhasss-1.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Lembar pengesahan (2).pdf

Download (167kB)
[img] Text
Della tesis semhasss-13-23.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Della tesis semhasss-91-94.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Della tesis semhasss-7-8.pdf

Download (89kB)

Abstract

Oferischa, Della. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine Berbasis Android Pada Materi Procedure Text: Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Pasca Sarjana, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Ali Idrus, M.Pd., ME (II) Dr. Drs. Suratno, M.Pd. Keyword: E-Magazine, Procedure Text, Android Siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris dapat menggunakan media pembelajaran procedur text seperti e-Magazine berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan, respon peserta didik, guru, serta mengetahui kelayakan penggunaan bahan ajar e-Magazine materi procedure text untuk siswa kelas XI APHP SMK PP Negeri Jambi. Metode pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan Lee & Owens (2004) yang meliputi tahapan Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yang berhubungan dengan uji coba produk pengembangan media pembelajaran ini adalah teknik analisis deskriptif. Analisis materi dan media dilakukan untuk mengolah data yang diperoleh dari tinjauan rancangan, ahli media, dan ahli materi.Dan uji coba ke peserta didik dilakukan tiga tahap yaitu uji coba satu-satu, kelompok kecil dan uji coba lapangan yang dilakukan di kelas XI APHP. Hasil penelitian berdasarkan uji kelayakan ahli media diperoleh presentase 91,6% dengan kategori “Sangat Baik”, ahli materi mendapat presentase 86,15% kategori “Sangat Baik”, dan presentase 98,53% kategori “Sangat Baik ” untuk guru bahasa inggris. Pada uji satu-satu mendapatkan persentase 89,2% kategori sangat baik, kelompok kecil mendapatkan persentase 90.44% yang termasuk kategori sangat baik dan terakhir pada ujicoba kelompok besar mendapatkan persentase 89% termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-Magazine dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris materi procedure text.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: DELLA OFERISCHA
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:05
Last Modified: 06 Jul 2023 07:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51757

Actions (login required)

View Item View Item