Analisis Dampak Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PIPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Pelita Suryati Samosir, Pelita (2023) Analisis Dampak Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PIPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (275kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim memberikan kebijakan dalam program kampus merdeka dimana salah satu program dalam kampus merdeka adalah program kampus menagajar. Program Kampus Mengajar termasuk program asistensi mengajar di satuan pendidikan dalam kebijakan MBKM yang membantu pendidikan di sekolah penjuru Indonesia. Bertaut dengan hal itu, keterampilan mengajar termasuk keterampilan yang perlu dikuasai mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 3. Oleh karena itu peneliti ingin mencari tau bagaimana keterampilan mengajar mahsiswa kampus mengajar pada saat melaksanakan program kampus mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak kampus mengajar Angkatan 3 terhadap keterampilan mengajar mahasiswa dan bagaimana mahasiswa dalam menerapkannya Ketika sedang mengajar dalam ruangan kelas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah 1 koordinator MBKM, 3 mahasiswa kampus mengajar Angkatan 3, 3 guru pamong kampus mengajar Angkatan 3 dan 3 dosen pembimbing lapangan. Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel dengan Teknik snowball sampling. Analisis data yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan Teknik analisis miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini peneliti mengelompokkan data dan melakukan analisis untuk dapat mengetahuai keterrampilan mengajar yang dimiliki oleh mahasiswa kampus mengajar angtan 3. Mahasiswa kampus mengajar Angkatan 3 telah memiliki keterampilan dalam mengajar, dengan adanya program kampus mengajar ini yang awalnya keterampilan mengajar yang mereka miliki bisa dikatakan masih kurang baik atau kaku, itu dikarenakan belum pernah berhubungan alangsung dengan murud ataupun peserta didik. Akan tetapi setelah mendapat arahan dari guru pamong dan juga guru-guru yang berada disekolah mereka semakin terbiasa dalam menghadapi peserta didik apalagi yang dihadapi adalah murud SD atau bisa dikatakan jiwa bermain yang masih tinggi dan juga keadaan sekolah yang masih bisa dikatakan tertinggal, membuat mahasiswa kampus mengajar Angkatan 3 harus bisa mengatasinya salah satunya dengan memiliki ataupun keterampilan mengajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dampak Program Kampus mengajar, Keterampilan Mengajar Mahasiswa Kampus mengajar Angkatan 3
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Samosir
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:56
Last Modified: 10 Jul 2023 03:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52079

Actions (login required)

View Item View Item