PENERAPAN METODE MUHAWAROH (DIALOG) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH LAKITAN SUMATERA BARAT

OKTAVIA, TAHNIAH (2023) PENERAPAN METODE MUHAWAROH (DIALOG) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH LAKITAN SUMATERA BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover Tahniah Oktavia.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Tahniah Oktavia_Skripsi Finish.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan Tahniah Oktavia.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Abstrak Tahniah Oktavia.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I Tahniah Oktavia.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB V Tahniah Oktavia.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Tahniah Oktavia.pdf

Download (506kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model penerapan metode muhawaroh dalam proses pembelajaran bahasa Arab pada siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan yang terletak di kampung Lubuk Begalung Lakitan Selatan, Kec. Lengayang, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 13 Maret sampai 13 April 2023, penelitian ini di dapatkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data peneliti pada penelitian ini adalah Guru bahasa Arab dan siswa kelas XI IPK di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan metode muhawaroh masih kurang efektif dilaksanakan di Madrasah tersebut, karena kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab dan itu merupakan salah satu faktor penghambat ketika diterapkannya metode muhawaroh di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lakitan, kemudian faktor penghambat yang lain yaitu susahnya siswa menghafal kosa kata atau mufrodat. Ketika siswa tidak banyak hafal kosa kata untuk dipraktekkan dalam kegiatan belajar, maka akan sulit bagi pendidik untuk menerapkan metode teresebut. Adapun faktor pendukung penerapan metode muhawaroh ini adalah dari peserta didik dan juga pendidik, karena ada beberapa peserta didik yang mempunyai kemauan dan semangat ketika belajar bahasa Arab dan ketika diterapkan metode tersebut beberapa siswa ada yang semangat untuk menghafal kosa kata, kemudian saran kepada pendidik sendiri sangat perlu adanya dorongan serta motivasi kepada peserta didik, dan kepada peserta didik dengan adanya motivasi hendaknya lebih ditingkatkan lagi semangat dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Penerapan, Metode Muhawaroh, Bahasa Arab

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penerapan, Metode Muhawaroh, Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: OKTAVIA
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:14
Last Modified: 10 Jul 2023 04:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52168

Actions (login required)

View Item View Item