DWI SUKARNO, PUTRI SUKMA PENGARUH PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
ARTIKEL REPOSITORY.pdf Download (719kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri Sukma Dwi Sukarno, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Jambi, Skripsi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo M,Pd.,M.Hum (II) Amir Syarifuddin, S.Pd.,M.Pd. . Kata Kunci: model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Hasil belajar. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui proses pembelajaran. salah satu masalah dalam pembelajaran disekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini diketahui dari data awal nilai ulangan harian siswa yang masih ada dibawah KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan. Numbered Head Together (NHT) sebagai model pembelajaran pada dasarnya merupakan sebuah variasi diskusi kelompok. Model NHT digunakan untuk materi pelajaran yang membutuhkan pemahaman konsep yang mendalam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan bentuk desain nonequivalent control group design yang dilakukan di SMA Negeri 11 Kota Jambi semester 1 tahun ajaran 2018-2019 pada tanggal 23 juli s/d 21 agustus 2018. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (67,33) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol (58,53) artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas yang dibelajar menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang maksimal. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan kiranya untuk perlu diteliti pada pokok bahasan yang lain dan dalam variabel yang berbeda.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PUTRI SUKMA DWI |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 06:36 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |