PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA

Akmal, Alfa PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA. JURNAL PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI IPA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA.

[img] Text
ARTIKEL REPOSITORY.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Akmal, Alfa. 2018. Pengembangan Booklet Berbasis Kontekstual Untuk Siswa SMA Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si. (2) Mia Aina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Booklet, Kontekstual, Sistem Gerak Pada Manusia Booklet menampilkan kalimat yang lugas dan padat dibandingkan buku cetak dengan ukuran yang lebih praktis serta penambahan contoh-contoh dari kehidupan sehari-hari dan mendorong siswa menemukan pengetahuannya sendiri. Materi sistem gerak pada manusia adalah materi kelas XI IPA di SMA yang dipelajari siswa pada semester ganjil/ I. Materi ini membahas tentang macam-macam alat gerak yaitu Otot (alat gerak aktif), Tulang dan Sendi (alat gerak pasif). Materi ini banyak menampilkan gambar sebagai pendukung. Pengembangan booklet sebagai bahan ajar untuk menunjang pembelajaran dan memvariasikan bahan ajar dalam pengadaan sumber belajar untuk siswa. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Jenis data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif yang diperoleh dari angket penilaian siswa dan guru matapelajaran dan data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari validasi ahli media dan validasi ahli materi. Produk hasil validasi diujicoba pada kelompok kecil berjumlah 6 siswa dan kelompok besar berjumlah 18 siswa. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 71 dengan persentase 80,69 % yang terkategorikan “sangat baik”. Hasil validasi materi oleh ahli materi memperoleh skor 72 dengan persentase 90 % yang tergolong kategori “sangat baik”. Persentase hasil ujicoba kelompok kecil berjumlah 6 siswa yaitu 81,45 % dalam kriteria “sangat baik”. Pada ujicoba kelompok besar memeproleh hasil dengan persentase 76,90 % yang terkategorikan “sangat baik”. Hasil penilaian guru memperoleh skor 32 pada persentase 80 % yang tergolong kategori “sangat baik”. Dari hasil penilaian siswa dan guru maka diketahui tanggapan terhadap booklet berbasis kontekstual sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Alfa Akmal
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:14
Last Modified: 19 Sep 2018 03:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5335

Actions (login required)

View Item View Item