IMPLEMENTASI METODE QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS NURUL IMAN KOTA JAMBI

Hasanah, Nur IMPLEMENTASI METODE QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS NURUL IMAN KOTA JAMBI. JURNAL IMPLEMENTASI METODE QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS NURUL IMAN KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL REPOSITORY.pdf

Download (368kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Hasanah, Implementasi Metode Qira’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyyah Nurul Iman Kota Jambi”. Skripsi 2018. Mata pelajaran bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik Reseptif maupun Produktif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi metode qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTS Nurul Iman Kota Jambi; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTS Nurul Iman Kota Jambi. Metode yang digubakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Sumber data melalui guru mata pelajaran bahasa Arab serta peserta didik MTS Nurul Iman Kota Jambi, kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif analitik. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi metode qira’ah yang diterapkan di MTS Nurul Iman Kota Jambi efektif digunakan di MTS Nurul Iman. Faktor pedukung meliputi guru, media, dan metode. Sedangkan faktor penghambat meliputi Peserta didik di MTS Nurul Kota Jambi tidak semuanya dari alumni Madrasah Ibtidaiyyah, serta Kondisi peserta didik yang sedang capek/mengantuk disaat proses pembelajaran. Kata kunci: Implementasi, metode qira’ah, bahasa Arab

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: NUR HASANAH
Date Deposited: 20 Sep 2018 02:08
Last Modified: 20 Sep 2018 02:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5362

Actions (login required)

View Item View Item