PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PEMASARAN PADA MATA PELAJARAN PENGEMBANGAN PRODUK KREATIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 KOTA JAMBI

JUWITA, RATNA PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PEMASARAN PADA MATA PELAJARAN PENGEMBANGAN PRODUK KREATIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PEMASARAN PADA MATA PELAJARAN PENGEMBANGAN PRODUK KREATIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 KOTA JAMBI.

[img] Text
artikel repository.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ratna Juwita, 2018. Pengaruh minat belajar terhadap Keaktifan belajar Siswa Kelas XI Pemasaran Pada Mata Pelajaran Pengembangan Produk Kreatif Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Jambi. Pembimbing (I), Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt, BA, M.Si, Pembimbing (II) Ahmad Nasori, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Minat Belajar, Dan Keaktifan Belajar Didalam proses belajar dan pembelajaran pasti menemukan permasalahan. Begitu juga SMK N 5 Kota Jambi juga terdapat permasalahan. Permasalahan tersebut adalah siswa kelas XI pemasaran (PM) tergolong memiliki tingkat bertanya yang rendah. Jika guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, hanya sedikit yang mau bertanya. Hanya terdapat dua hingga tiga siswa yang bertanya. siswa kurang memiliki perhatian terhadap materi pelajaran dengan seksama. Saat diberikan tugas siswa banyak yang mengeluh dan tidak mengerjakannya. Dari permasalahan yang diatas, salah satu faktor penyebabnya adalah masih banyak siswa yang kurang aktif belajar Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap Keaktifan belajar Siswa Kelas XI Pemasaran Pada Mata Pelajaran Pengembangan Produk Kreatif Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMK N 5 pada semester genap tahun ajaran 2017-2018. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa. Lalu siswa diberikan waktu 1 jam untuk mengisi angket tersebut lalu dikembalikan. Data kemudian dianalisis menggunakan SPSS 17. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional dengan populasi siswa sebanyak 24 siswa. Instrument dalam pengambilan data penelitian ini berupa angket yang terdiri dari 2 macam. Yang pertama angket Minat belajar yang terdiri dari 14item soal dan yang kedua angket keaktifan belajar yang terdiri atas 22 item soal. Dari hasil penelitian tentang pengaruh minat belajar terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI pemasaran SMK N 5 Kota Jambi, maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0.747 antara minat belajar terhadap keaktifan belajar siswa. Ini menunjukan bahwa bila minat belajar meningkat maka akan meningkat pula keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan Kepada siswa untuk lebih dapat meningkatkan keaktifan belajarnya. Kepada pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan khususnya guru diharapkan lebih memotivasi dan menyediakan perlengkapan praktik pembelajaran sehingga mempermudah siswa dalam proses pembelajaran dan pada akhirnya meningkatkan keaktifan belajar siswa

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RATNA JUWITA
Date Deposited: 24 Sep 2018 02:50
Last Modified: 24 Sep 2018 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5460

Actions (login required)

View Item View Item