DUKUNGAN GURU DAN KESUKAAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI

OKTAFIANI, NURHIDAYAH DUKUNGAN GURU DAN KESUKAAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI. jurnal DUKUNGAN GURU DAN KESUKAAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA JAMBI.

[img] Text
repository.pdf

Download (976kB)

Abstract

ABSTRAK Oktafiani, Nurhidayah. 2018. Dukungan Guru dan Kesukaan Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika SMA Negeri 3 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maison, S.Si., Ph.D., (II) Nehru, S.Si., M.T. Kata kunci: dukungan guru, kesukaan siswa, fisika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar siswa terlihat tidak bersemangat ketika pembelajaran fisika di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kota Jambi yang ditandai dengan sikap pasif. Hanya sebagian kecil siswa yang terlihat menikmati jalannya proses pembelajaran fisika yang ditandai dengan adanya respon dan peran aktif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dukungan guru dan kesukaan siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Jenis data penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari sebaran angket. Data dianalisis dengan analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan dukungan guru terhadap pembelajaran fisika kelas XI SMA Negeri 3 Kota Jambi secara keseluruhan berada pada kategori baik dengan memperoleh hasil rerata 3,16. Item yang memiliki rerata paling tinggi yaitu guru membantu siswa ketika siswa mengalami kesulitan dengan pekerjaan siswa dan guru berbicara dengan siswa dengan rerata 3,58 berada pada kategori baik. Sedangkan item yang memiliki rerata paling rendah yaitu guru menaruh perhatian atau tertarik dengan masalah siswa dengan rerata 2,62 berada pada kategori cukup. Kesukaan siswa terhadap pembelajaran fisika SMA Negeri 3 Kota Jambi secara keseluruhan memperoleh hasil rerata 3,03 berada pada kategori baik. Item yang memiliki rerata paling tinggi yaitu siswa menikmati aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam sains dengan rerata 3,49 berada pada kategori baik. Sedangkan item yang memiliki rerata paling rendah yaitu belajar sains dikelas adalah kegiatan yang membuang waktu saja dengan rerata 2,14 berada pada kategori cukup. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih perhatian terhadap masalah siswa. Guru juga harus membuat suasana kelas lebih menyenangkan lagi agar siswa tidak merasa bosan. Sehingga siswa menikmati berbagai aktivitas pembelajaran dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik. v

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NURHIDAYAH OKTAFIANI
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:03
Last Modified: 25 Sep 2018 02:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5483

Actions (login required)

View Item View Item