PURNI, TITIK (2023) PEMIKIRAN IMAM MUHAMMAD NAWAWI AL-BANTANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA 1826-1855. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN A1A219048.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI TITIK PURNI A1A219048.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
![]() |
Text
COVER A1A219048.pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAK Purni, Titik, 2023. Pemikiran Imam Muhammad Nawawi Al-Bantani Dalam Pendidikan Islam di Indonesia 1826-1855: Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M. Hum., M.Pd., (II) Muhammad Adi Saputra, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pemikiran Pendidikan Islam, Imam Muhammad Nawawi Al-Batani Penelitian ini membahas tentang Pemikiran Imam Muhammad Nawawi Al-Bantani Dalam Pendidikan Islam di Indonesia 1826-1855. Imam Muhammad Nawawi Al-Bantani merupakan salah satu tokoh ulama islam yang berasal dari Indonesia yang berkaliber internasional melalui pemikirannya yang sangat monumental sehingga beliau banyak menghasilkan sebuah karya. Tujuan penelian ini antara lain memahami bagaimana pemikiran imam Muhammad Nawawi Al�Bantani dalam pendidikan Islam dan bagaimana kostribusi pemikiran Imam Muhammad Nawawi Al-Bantani dalam pendidikan Islam Indonesia. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini menggunakan metode yang pada umumnya yang digunakan peneliti untuk penelitian sejarah yang terdiri dari langkah-langkah kegiatan Heuristik, kritik sumber, interprestasi, dan historiografi Hasil penelitian ini adalah tentang pemikiran Imam Muhammad Nawawi dalam pendidikan Islam di Indonesia. Dasar pemikiran Imam Muhammad Nawawi Al-Bantani menghubungkan nilai spiritual dan material, kepentingan individu dan sosial serta tanggung jawab. Pendidikan islam merupakan suatu proses yang berkaitan dengan kegiatan yang mempersiapkan dan mengembangkan seluruh potensi peserta didik dengan baik. Imam Muhammad Nawawi Al-Bantani banyak berperan dalam meletakan landasan teologis dan batasan etis tradisi keilmuan di lembaga pendidikan islam. Dengan pemikirannya yang sangat monumental telah mempengaruhi diberbagai bidang keilmuan, antara lain tafsir, tauhid, fiqh, tasawuf, sejarah nabi, serta bahasa dan retorika, melalui karya�karyanya sehingga dapat memberikan sebuah konstribusi yang sangat penting bagi kemajuan islam di Indonesia dan juga karya-karya Imam Muhammad Nawawi Al�Batani sangat berpengaruh sekali di kalangan pesantren Nusantara
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemikiran Pendidikan Islam, Imam Muhammad Nawawi Al-Bantani |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | PURNI |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 08:38 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 08:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/54916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |