YULIANDARI, NOPIA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI TENTANG PENGENALAN ANGKA DAN HURUF DI TK AL-AZHAR KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI TENTANG PENGENALAN ANGKA DAN HURUF DI TK AL-AZHAR KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018.
![]() |
Text
artikel repository.pdf Download (638kB) |
Abstract
ABSTRAK Nopia, Yuliandari. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Tentang Pengenalan Angka Dan Huruf di TK Al-Azhar Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M. Pd., (II) Dr.Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si. Kata kunci : Media Pembelajaran, Game Edukasi, Pengenalan Angka Dan Huruf Media pembelajaran merupakan jembatan antara guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran sangat beragam dan memiliki unsur penting demi tercapainya suatu pembelajaran. Unsur penting dalam media pembelajaran yaitu hardware dan software. Media pembelajaran yang dimaksud adalah media pembelajaran game edukasi dalam bentuk software / CD interaktif. Pengembangan media pembelajaran game edukasi ini digunakan sebagai sumber belajar mandiri. Seiring dengan perkembangan IPTEK, komputer dapat dijadikan solusi dalam proses pembelajaran, seperti pengganti papan tulis yang dapat divisualisasikan melalui tampilan animasi dan simulasi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran game edukasi tentang pengenalan angka dan huruf di TK Al-Azhar Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media aplikasi komputer yang dikembangkan dengan software adobe flash CS3 dan software pendukung lainnya pada game edukasi tentang pengenalan angka dan huruf di TK yang valid. Produk tersebut divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dilakukan revisi produk berdasarkan saran validator sampai dinyatakan layak diuji cobakan untuk Anak Usia Dini. Hasil wawancara guru di TK Al-Azhar Kota Jambi, uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 6 orang peserta didik dan ujicoba kelompok besar sebanyak 15 peserta didik yaitu sangat menyukai proses pembelajaran dimana anak tertarik pada game edukasi pengenalan angka dan huruf. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produk media pembelajaran game edukasi layak digunakan untuk peserta didik taman kanak-kanak, berdasarkan proses pengembangan mulai dari validasi hingga uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOPIA YULIANDARI |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 03:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 03:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |