Syaputra, Febrian (2023) Pengembangan E-Multimedia Interaktif menggunakan Aplikasi Nearpod dalam Pembelajaran Blended Terintegrasi PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak- Skripsi Febrian Syaputra.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB 1 - Skripsi Febrian Syaputra.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB 5 - Skripsi Febrian Syaputra.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka - Skripsi Febrian Syaputra.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan - Skripsi Febrian Syaputra.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi - Skripsi Febrian Syaputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Syaputra, Febrian. 2023. Pengembangan E-Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Nearpod Dalam Pembelajaran Blended Terintegrasi PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Statistika Di Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dra. Sofnidar, M,Si., (2) Ade Kumala Sari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : E-Multimedia Interaktif, Nearpod, Pembelajaran blended, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah. Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Muaro Jambi masih rendah yang ditunjukan saat peneliti melakukan observasi, siswa cenderung tidak bisa menuliskan apa saja yang diketahui dari soal dan menyebutkan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal tersebut, pembelajaran masih berpusat pada guru dengan belum adanya penerapan teknologi dan media pembelajaran di sekolah. Penelitian bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh E-Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Nearpod Dalam Pembelajaran Blended Terintegrasi PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Statistika Di Kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai validator (materi dan media), guru matematika kelas VIII SMP Negeri 15 Muaro Jambi, serta peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 15 Muaro Jambi, untuk instrument pengumpulan data dengan 3 kriteria yaitu (kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan) dan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa diberikan soal pretest dan postest. Dengan tingkat kualitas berdasarkan 3 kriteria, yaitu; kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan diperoleh; 1) presentase kevalidan E-Multimedia Interaktif dari validator materi 76,92 % (valid) dan validator media 80 % (valid) , 2) presentase kepraktisan E-Multimedia Interaktif oleh guru 78, 57% (praktis) dan oleh siswa 86,67 % (sangat praktis), 3) presentase keefektifan E-Multimedia Interaktif melalu angket respon siswa 89,73% (sangat efektif) serta dari tes hasil belajar dengan menggunakan N- Gain sebanyak 3 siswa yang mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan kriteria sedang, sementara 28 siswa mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan Uji N-Gain penggunaan E-Multimedia Interaktif menggunakan aplikasi nearpod pada pembelajaran blended terintegrasi PBL dapat meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Multimedia Interaktif, Nearpod, Pembelajaran blended, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Syaputra |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 07:05 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 07:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |