ROMAITO MUNTE, PUTRI Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi Di TK Labora Islam Mendalo Asri Muaro Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Jambi. JURNAL Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi Di TK Labora Islam Mendalo Asri Muaro Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Jambi.
![]() |
Text
REPOSITORY.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Putri Romaito Munte. 2018. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi Di TK Labora Islam Mendalo Asri Muaro Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Jambi, Pembimbing (1) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag, M.Pd.I, (II) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Kata Kunci : Berbicara Anak Usia Dini, Kegiatan Bernyanyi. Penelitian ini berlatar belakang yaitu berbicara anak TK Labora Islam Mendalo Asri Muaro Jambi masih kegiatan bernyanyi, anak belum dapat kemampuan berbicara untuk menyebutkan kata-kata huruf lagu sesuai dengan kegiatan bernyanyi, anak belum dapat mengulangi kata-kata huruf lagu sesuai kegiatan bernyanyi dan anak belum dapat menuliskan kata-kata huruf lagu sesuai kegiatan bernyanyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berbicara anak usia dini sebelum dan setelah adanya tindakan kegiatan bernyanyi dan untuk mengetahui dapat peningkatan kemampuan berbicara anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi di TK Labora Islam Mendalo Asri Muaro Jambi. Kemampuan berbicara adalah terlihat dalam aktifitasnya sehari-hari karena mereka tidak bisa hidup sendiri. Sedangkan kegiatan bernyanyi adalah suasana pembelajaran akan lebih menyenangkan, menggairahkan, membuat anak bahagia, menghilangkan rasa sedih, anak-anak merasa terhibur, dan lebih bersemangat. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian di laksanakan dalam 3 siklus masing-masing 3 kali pertemuan. Data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket, dan dokumentasi. Peneliti ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah di sediakan dalam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan berbicara anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi di TK labora Islam Mendalo Asri Muaro Jambi yaitu : Dari pratindakan 25%, siklus 1 pertemuan ke-1 26%, siklus 1 pertemuan ke-2 31%, siklus 1 pertemuan ke-3 37%, siklus II pertemuan ke-1 51%, siklus II pertemuan ke-2 56%, siklus II pertemuan ke-3 61%, siklus III pertemuan ke-1 76%, siklus III pertemuan ke-2 81%, akhirnya siklus pertemuan ke-3 87% melebihi criteria nilai ketuntasan yaitu 85%. Jadi dapat di simpulkan bahwa kemampuan berbicara anak usia dini melalui kegiatan bernyanyi di TK labora Islam Mendalo Asri Muaro Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi kriteria keberhasilan 85%, maka penelitian tindakan kelas ini di anggap berhasil.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PUTRI ROMAITO MUNTE |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 03:19 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 03:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |