Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Di Program Studi Administrasi Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19

Azhari, Muhammad (2023) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Di Program Studi Administrasi Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19. S1 thesis, Administrasi Pendidikan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
SKRIPSI_M.AZHARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 lembaga pendidikan di perguruan tinggi mengimplementasikan sistem e-learning untuk melaksanakan pembelajaran. Mahasiswa dan dosen memerlukan kesiapan sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan sistem e-learning.Tujuan penelitian ini ialah untuk untuk mengetahui mengetahui dan membuktikan ada atau tidaknya pengaruh serta mengetahui seberapa besar Kesiapan Mahasiswa dalam Menerima Pembelajaran E-Learning Menggunakan Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Program Studi Administrasi Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dekriptif dengan jenis regresi linier sederhana. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 48 mahasiswa dengan menggunakan metode random sampling dalam menentukannya. Teknik pengambilan data pada variabel model pembelajaran daring diperoleh dari angket yang disebar melalui google form. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif,uji persyaratan analisis, analisis regresi sederhana, dan uji hipotesis secara parsial.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Motivasi belajar mahasiswa diprodi Administrasi Pendidikan universitas Jambi ini sebanyak 29 mahasiswa dan persentase 46 % dalam kategori cukup tinggi. (2) Kesiapan mahasiswa di prodi mahasiswa administrasi Pendidikan Universitas Jambi dengan jumlah 25 mahasiswa dan persentase 40,3 % dalam kategori cukup tinggi. (3) Hasil belajar mahasiswa diprodi Administrasi Pendidikan dengan jumlah 45 mahasiswa dan persentase 72,6 % dalam kategori sangat tinggi. (4) Tidak teradapat pengaruh motivasi belajar yang positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar dan Kesiapan Mahasiswa diprodi administrasi pendidikan angkatan 2019. Hal ini ditunjukkan dari nilai probabilitas variabel motivasi belajar (X1) sebesar 0,617; dan variabel kesiapan mahasiswa (X2) sebesar 0,399 lebih lebih besar dari taraf signifikansi 1%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan untuk berbagai pihak termasuk peneliti sendiri agar senantiasa mengembangkan potensi diri sejalan dengan kemampuan manajerial dan berkomitmen terhadap organisasi yang telah memberikan kesempatan untuk berkembang sebagai fungsi wadah yang positif dan dapat memberikan informasi yang lengkap, mendalam dan teruji yang pada akhirnya akan dapat memberikan sumbangan di dalam memajukan kepentingan bidang akademik atau dalam memajukan kepentingan bidang akademik atau dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Azhari
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:58
Last Modified: 13 Sep 2023 07:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55822

Actions (login required)

View Item View Item