SETIAWATI, WULAN ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION)DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMAN 1 BETARA TANJUNGJABUNG BARAT. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION)DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMAN 1 BETARA.
![]() |
Text
1 COVER.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (7kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang monoton sehingga dapat mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar pun rendah.Penerapan model pembelajaran yang tepat merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaranKooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan pengaruhnya terhadapkemampuan berpikir kritis siswa serta untuk mengetahui pengaruh modelKooperati Tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia kelas X IPA2 SMAN 1 BetaraTanjungJabung Barat. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Instrumenyang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan modeloleh gurumaupun siswadantes hasil belajar siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product momentdan uji signifikasi menggunakan koefisien determinasi. Keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru memiliki persentase rata-rata sebesar 74,31% dengan kategori baik , persentase model oleh siswa sebesar 66,41% dengan kategori baik, kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 62,06% dan tes kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 65,95% dalam kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh r= 0,7446 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat. Uji signifikasi dilakukan dengan koefisien determinasi sebesar 55,44% dengan tingkat hubungan hubungan pada kategori sedang, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian, ini dapat menguji kebenaran hipotesis, yaitu terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi ikatan kimia kelas X IPA2 SMAN 1 Betara Tanjung Jabung Barat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WULAN SETIAWATI |
Date Deposited: | 27 Sep 2018 06:51 |
Last Modified: | 27 Sep 2018 06:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |