PERJANJIAN JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI PADA SITUS GRUP JUAL BELI HP SEKEN DHARMASRAYA PULAU PUNJUNG KILIRAN JAO 02 SEKITAR D.V.A)

Fatma, Sela (2023) PERJANJIAN JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI PADA SITUS GRUP JUAL BELI HP SEKEN DHARMASRAYA PULAU PUNJUNG KILIRAN JAO 02 SEKITAR D.V.A). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (PERJANJIAN JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI PADA SITUS GRUP JUAL BELI HP SEKEN DHARMASRAYA PULAU PUNJUNG KILIRAN JAO 02 SEKITAR D.V.A))
Skripsi full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (PERJANJIAN JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI PADA SITUS GRUP JUAL BELI HP SEKEN DHARMASRAYA PULAU PUNJUNG KILIRAN JAO 02 SEKITAR D.V.A))
Abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (PERJANJIAN JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI PADA SITUS GRUP JUAL BELI HP SEKEN DHARMASRAYA PULAU PUNJUNG KILIRAN JAO 02 SEKITAR D.V.A))
Judul cover pdf.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (PERJANJIAN JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI PADA SITUS GRUP JUAL BELI HP SEKEN DHARMASRAYA PULAU PUNJUNG KILIRAN JAO 02 SEKITAR D.V.A))
Lembar persetujuan dan pengesahan pdf.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (PERJANJIAN JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI PADA SITUS GRUP JUAL BELI HP SEKEN DHARMASRAYA PULAU PUNJUNG KILIRAN JAO 02 SEKITAR D.V.A))
Bab 1 pdf.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (PERJANJIAN JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI PADA SITUS GRUP JUAL BELI HP SEKEN DHARMASRAYA PULAU PUNJUNG KILIRAN JAO 02 SEKITAR D.V.A))
Bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (PERJANJIAN JUAL BELI HANDPHONE SECOND MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK (STUDI PADA SITUS GRUP JUAL BELI HP SEKEN DHARMASRAYA PULAU PUNJUNG KILIRAN JAO 02 SEKITAR D.V.A))
Dafpus pdf.pdf - Published Version

Download (367kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/cgi/users/login?targ...

Abstract

Perkembangan trend perdagangan terus meningkat dari tahun ke tahun salah satunya yakni penggunaan internet sebagai media perdagangan. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak manfaat yang didapat oleh perusahaan maupun konsumen saat melaksanakan transaksi melalui internet atau disebut juga sebagai jual beli online. Namun banyak juga permasalahan yang timbul di masyarakat, seperti wanprestasi oleh pelaku usaha saat melakukan perjanjian jual beli hanphone second yang ditemukan di salah satu grup di facebook. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis bagaimana bentuk wanprestasi serta upaya penyelesaian hukum yang dilakukan konsumen dan pelaku usaha atas terjadinya wanprestasi dalam perjanjian jual beli handphone second di Grup Jualbeli Hp Seken Dharmasraya Pulau Punjung Kiliran Jao 02 sekitar D.V.A. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis empiris. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat bentuk wanprestasi oleh pelaku usaha terhadap konsumen yaitu: melakukan perngiriman barang tetapi waktunya terlambat, barang yang dikirimkan tidak sesuai kesepakatan, informasi yang diberikan pelaku usaha tidak sesuai dengan keadaan barang/ barang terdapat kecacatan. Upaya yang dilakukan para pihak mellalui jalur non litigasi (nelgosiasi) dengan cara konsumen meminta pelaku usaha untuk melakukan penyerahan barang, meminta barang pengganti dan meminta ganti rugi. Kata kunci : Perjanjian Jual Beli, Facebook, Wanprestasi. The development of trade trends continues to increase from year to year, one of which is the use of the internet as a trading medium. It is undeniable that companies and consumers get many benefits when carrying out transactions via the internet or also known as buying and selling online. However, there are also many problems that arise in society, such as default by business actors when entering into a sale and purchase agreement for second-hand cell phones found in a group on Facebook. The purpose of this study is to understand and analyze the forms of default and legal settlement efforts by consumers and business actors for defaults in the sale and purchase agreements for second-hand mobile phones in Group Jualbeli Hp Seken Dharmasraya Pulau Punjung Kiliran Jao 02 Sekitar D.V.A. The research method used is an empirical juridical research method. The approach used is a qualitative approach using purposive sampling as the sampling method. Data collection techniques used are observation and interviews. The results of this study indicate that there are forms of default by business actors against consumers, namely: sending goods but the time is late, the goods sent are not in accordance with the agreement, the information provided by the business actor is not in accordance with the condition of the goods/goods with defects. Efforts made by the parties through non-litigation channels (negotiation) by means of consumers asking business actors to deliver goods, request replacement goods and ask for compensation. Keywords: Sale Purchase Agreement, Facebook, Default.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Perjanjian Jual Beli, Facebook, Wanprestasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fatma
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:02
Last Modified: 03 Oct 2023 07:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56492

Actions (login required)

View Item View Item