Puspitasari, Diah Ayu (2023) Pengembangan Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Corak Kehidupan Masyarakat Masa Praaksara Siswa Kelas X MAN 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
Skripsi Diah Ayu Puspita Sari (A1A219072)-dikompresi_compressed (1) (2).pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Aplikasi Powtoon, Sejarah, Video Animasi Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 10 oktober 2022 di kelas X MAN 1 Muaro jambi. Masalah yang ditemukan peneliti adalah rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran sejarah, masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah, yaitu 70. Tujuan penelitian ini untuk Mengembangkan Video Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Corak Kehidupan Masyarakat Masa Praaksara Siswa Kelas X MAN 1 Muaro Jambi. Untuk Mengetahui Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Corak Kehidupan Masyarakat Masa Praaksara dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Subjek pengembangan video pembelajaran sejarah diuji cobakan pada siswa kelas X2 MAN 1 Muaro jambi sebanyak 25 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 3 siswa untu uji coba perorangan, 6 siswa sebagai subjek uji coba kelompok kecil dan 25 siswa sebagai subjek uji coba lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengembangan video pembelajaran sejarah dengan aplikasi powtoon menggunakan desain model 4D, yang terdiri dari (Define, Design, Develop, Dessiminate) memperoleh produk yang di awali dengan Define atau riset kebutuhan yang dilakukan pada siswa untuk melihat apa yang di butuhkan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kemudian dilakukan Design atau melakukan rancangan yang akan menentukan bagaimana video animasi berbasis aplikasi powtoon dibuat atau di desain, untuk menghasilkan sebuah produk yang telah teruji perlu adanya tahapan Develop atau pengembangan yang perlu di uji ahli dan kemudian baru dapat di uji coba pada perorangan, kelompok kecil dan lapangan. Setelah dilakukan pengembangan tahap terakhir adalah Dessiminate untuk melihat efektivitas dari produk yang dihasilkan dengan menggunakan kelas pembanding. 2) Penggunaan video animasi berbasis aplikasi powtoon terbuki efektif dalam meningkatkan belajar siswa. Hal ini berdasarakan hasil uji t diperoleh thitung = 9.7477 menandakan thitung ˃ ttabel 1,6772 pada taraf nyata α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi berbasis aplikasi powtoon efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar belajar siswa Kelas X MAN 1 Muaro Jambi. Berdasarkan dari hasil penelitian dan kesimpulan, guru sejarah dianjurkan untuk menggunakan video animasi berbasis aplikasi powtoon pada saat proses pembelajaran agar suasana pembelajaran lebih menarik dan hasil belajar siswa meningkat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Powtoon, Sejarah, Video Animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Puspitasari |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 03:37 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |