ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN KORELASINYA DENGAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA N 10 KOTA JAMBI PADA MATERI KOLOID

RABANI, RABANI ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN KORELASINYA DENGAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA N 10 KOTA JAMBI PADA MATERI KOLOID. Numbered Heads Together, Berpikir Kreatif, Koloid..

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN BANI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ada disekolah dalam mengembangkan kreativitas siswa. Kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran mengakibatkan kemampuan siswa untuk berpikir dalam proses belajar rendah, apalagi dalam kemampuan berpikir kreatif. Hal ini disebabkan kebiasaan siswa dalam mengikuti pembelajaran hanya mendengar dan memperhatikan guru saja, sehingga siswa cenderung belajar dengan menghafal, tanpa siswa menemukan sendiri pembelajaran tersebut. Salah satu alternative untuk membuat siswa aktif menemukan sendiri pembelajaran tersebut adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan korelasinya dengan berpikir kreatif siswa pada materi koloid di kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) baik dari guru maupun siswa, dan tes essay kemampuan berpikir kreatif siswa.Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi (r2). Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) oleh guru mengalami peningkatan setiap pertemuan dan persentase model oleh siswa sebesar 70,43% dikategorikan baik, dan persentase berpikir kreatif siswa sebesar 70,28% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan berpikir kreatif dikategorikan sedang dengan nilai rxy 0,50. Kemudian dilanjutkan analisis koefisien determinasi didapatkan hasil 25%. Hal ini menandakan bahwa model NHT hanya 25% mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terlaksana dengan baik dan berpengaruh positif pada materi koloid di kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi terhadap berpikir kreatif siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RABANI
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:40
Last Modified: 08 Oct 2018 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5737

Actions (login required)

View Item View Item