seswanti, tri and jufrida, jufrida and Susanti, Nova Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Professional 8 pada pokok bahasan Suhu dan Kalor kelas XI SMAN 7Kota Jambi. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Professional 8 Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Kelas XI SMAN 7 Kota Jambi. (Unpublished)
![]() |
Text
1.COVER.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
3.HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
6.DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
11.BAB I.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
15.BAB V.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Seswanti, tri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Professional 8 Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Untuk Kelas X1 SMA: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II) Nova Susanti,S.Pd, M.Si. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, suhu dan kalor. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran teknologi sebagai media pembelajaran di sekolah. Dengan menggunakan media diharapkan akan dapat mempermudah peserta didik dalam menerima ilmu pengetahuan secara efektif dan efisien. Pembelajaran akan lebih mudah dipahami dengan adanya media pembelajaran. Suhu dan kalor merupakan salah satu materi fisika yang memerlukan media pembelajaran. Hal ini dikarenakan pada materi suhu dan kalor berisikan uraian materi yang bersifat konsep dan hitungan. Oleh karena itu, untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik, maka dalam penyajian materi ini diperlukan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan konsep dan hitungan agar mudah dipahami oleh siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika menggunakan Macromedia Flash Professional 8 pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMA kelas X1, serta mengetahui persepsi siswa terhadap media yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations) Media pembelajaran yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh tim ahli, dan selanjutnya diujicobakan pada siswa (responden) untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan. Dari analisis respon siswa terhadap indikator desain media memperoleh persentase sebesar 84,8% (sangat baik), indikator materi sebesar 82,3% (baik), dan indikator keterbacaan media sebesar 83,16% (sangat baik) dan persepsi siswa 83%. Rata-rata keseluruhan indikator adalah 83,0% (sangat baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika yang dikembangkan menggunakan Macromedia Flash Professional 8 pada materi suhu dan kalor untuk siswa SMA kelas X1 baik/ layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | TRI SESWANTI |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 01:02 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 01:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |