PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PjBL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 DI SD

Pajar Alhabibi, Pakpahan and Drs.Arsil,, M.P.d and Suci Hayati,, S.P.d.,M.P.d. (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PjBL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA KELAS 1 DI SD. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_PAJAR ALHABIBI PAKPAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (458kB)

Abstract

Pakpahan, PA. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model PjBL Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka Kelas 1 di SD. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Arsil, M.Pd. Pembimbing II Suci Hayati, S. Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Pembelajaran Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangkan LKPD pada pembelajaran Matematika di kelas 1 Sekolah Dasar, mengetahui tingkat validasi produk pengembangan dari pada pembelajaran Matematika di kelas 1 Sekolah Dasar, dan mengetahui tingkat keperaktisan produk pengembangan dari LKPD pada pembelajaran Matematika di kelas 1 Sekolah Dasar. Metode penelitian dilakukan oleh peneliti menggunakan model pengembangan atau dalam bahasa inggris disebut dengan Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk membuat dan menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiono, 2015:407). Pada penelitian pengembangan ini model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian berupa Proses pembuatan LKPD berbasis model pembelajaran merdeka pada pembelajaran matematika di kelas I SD menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan meliputi: menganalisis, merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi. Validasi produk LKPD “sangat valid” pada tahap pengembangan ini. Validasi dilakukan oleh tim di bidang validasi materi, validasi bahasa, dan validasi media. Berdasarkan kriteria dan saran yang diberikan oleh validator materi untuk produk yang dikembangkan, Berdasarkan rekomendasi dan arahan validator materi memperoleh skor rata-rata 56 dengan persentase rata-rata 93.33% pada validasi tahap pertama dan validasi tahap kedua memperoleh skor 59 dengan persentase skor 98.88% dengan kategori valid, validator bahasa memperoleh skor rata-rata 45 dan persentase skor 100% dengan kategori sangat valid, dan validator media memperoleh skor rata-rata 75 dan 100%. dengan skor kategori valid. Berdasarkan hasil validasi ketiga validator tim ahli, LKPD dinyatakan valid, dapat digunakan, dan dapat diuji coba. Tingkat kepraktisan produk LKPD ditentukan oleh angket kepraktisan tenaga pendidik yang memiliki skor rata-rata total 65 dan persentase 100% dalam kategori sangat praktis dan respon peserta didik dilihat dari hasil wawancara dan observasi pada saat melakukan uji coba produk.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Pakpahan
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:01
Last Modified: 06 Dec 2023 04:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58192

Actions (login required)

View Item View Item