Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 2 Kota Jambi

Hendri, Hendri (2023) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 2 Kota Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING dan Pengesahan .pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Full Tesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Manajemen Bebrbasis Sekolah (MBS) dan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 2 Kota Jambi sudah berjalan baik (1) penerapan manajemen berbasis sekolah dalam bidang kurikulum dimulai dari penyusunan visi, misi, tujuan sekolah, program pembelajaran, pembagian tugas, kegiatan ekstrakurikuler, pengembangan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) bidang kesiswaan, sudah sesuai dengan program meliputi penerimaan siswa baru, (3) peningkatan profesional guru dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan, (4) dalam pengelolaan keuangan dilakukan dengan penetapan sumber dana, menganalisis kebutuhan, alokasi anggaran, pengawasan dan pelaporan dengan melibatkan stakeholder sekolah; dan (5) dalam bidang hubungan dengan masyarakat sudah berjalan dengan baik, diarahkan untuk mencapai tujuan sekolah dan melakukan sosialisasi tentang manajemen berbasis sekolah sebagai upaya melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif membantu sekolah. Kemudian faktor pendukung pelaksanaan yakni adanya peningkatan kedisiplinan guru di sekolah dan membuat program sekolahh, demokratisasi dalam setiap pengambilan keputusan atau kebijakan. Ketiga adanya komitmen dan profesionalisme kerja tenaga kependidikan dalam usaha mengembangkan SMK Negeri 2 Kota Jambi. Faktor penghambat pertama terbatasnya pengetahuan tenaga kependidikan tentang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), adanya pengaruh dari pusat dalam pengambilan keputusan sekolah terakhir

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Manajemen berbasis sekolah, mutu pendidikan, SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Hendri
Date Deposited: 19 Dec 2023 07:10
Last Modified: 19 Dec 2023 07:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58453

Actions (login required)

View Item View Item