ANALISIS FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI

SINAGA, IZRA EVNIA DEWI (2023) ANALISIS FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI. S1 thesis, PENDIDIKAN SEJARAH.

[img] Text (ANALISIS FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (ANALISIS FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI)
COVER.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (ANALISIS FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (ANALISIS FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI)
BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text (ANALISIS FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI)
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ANALISIS FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI)
BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (ANALISIS FILM DOKUMENTER: JEPANG INGKAR JANJI, PETA BERONTAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS SMA NEGERI TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB)

Abstract

Sinaga, Izra Evnia Dewi. 2017. Film Dokumenter: Jepang Ingkar Janji, Peta Berontak Sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (i) Drs. Budi Purnomo M.Hum, M.Pd., (ii) Nelly Indrayani S.Hum., M.Hum. Kata Kunci: Film Dokumenter, Sumber Belajar, Peta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis film dokumenter dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya yang berjudul “Jepang Ingkar Janji, Peta Berontak” serta nilai-nilai yang terkandung didalam film dokumenter: jepang ingkar janji, peta berontak sebagai sumber belajar dikelas XI Ipa 1 SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Pada observasi awal, peneliti mengetahui bahwa ada beberapa masalah pada beberapa siswa di kelas Xi Ipa 1 SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, dimana kelas tersebut yang akan menjadi objek penelitian skripsi ini. Terlihat pada tanggal 5 oktober sampai 10 desember 2020 yaitu pada saat peneliti melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan (plp), peneliti melihat dalam berlangsungnya pembelajaran hanya sedikit siswa yang aktif kemudian yang sebagian siswa yang mengikuti terkesan pasif. Pada saat peneliti melakukan plp, pembelajaran siswa dilakukan secara daring dikarenakan dalam suasana masa pandemik covid 19, sehingga ada sebagian siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan kendala jaringan dan rumah yang berada di pelosok. Siswa yang terkesan pasif dalam pembelajaran membuat suasana belajar tidak kondusif, bahkan ada yang merasa bosan. Kemudian pada tanggal 15 juli 2021 peneliti mendapatkan data baru bahwa film dokumenter: Jepang ingkar janji, Peta berontak belum pernah diterapkan dalam pembelajaran sejarah pada saat melakukan observasi untuk kedua di SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan indikator penelitian tentang nilai-nilai yang terkandung dalam film dokumenter: jepang ingkar janji, peta berontak sebagai sumber belajar sejarah siswa kelas Xi Ipa 1 SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan film dokumenter sebagai sumber belajar siswa memberikan dampak yang positif dan memberikan beberapa kemajuan. Selain dapat menarik perhatian siswa, film dokumenter tidak hanya dijadikan sebagai media pembelajaran, namun bisa juga sebagai sumber belajar yang dipakai berulang kali. Dengan demikian pembelajaran siswa dapat terpantau sekaligus menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam film dokumenter itu sendiri. Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa film dokumenter sangat efektif untuk belajar baik secara daring maupun secara tatap muka. Karena dalam menggunakan film dokumenter sangat mudah dijangkau baik siswa maupun guru.

Type: Thesis (S1)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General)

L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: SINAGA
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:06
Last Modified: 12 Dec 2023 02:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58551

Actions (login required)

View Item View Item