ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS (KAM) PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP

SIREGAR, ILHAM MANGAIT TUA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS (KAM) PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_ ILHAM MANGAIT TUA SIREGAR _A1C219034.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Cover 1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan ilham.pdf

Download (592kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang dilihat dari nilai-nilai siswa saat melaksanakan ujian dan tugas rata-rata masih dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui secara Komprehensif dan menganalisis jawaban siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mempunyai kemampuan awal matematis kelompok atas, menengah, bawah pada materi statistika di kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VIIIe SMP Negeri 22 Kota Jambi. Dalam penelitian ini akan diambil 3 Sampel yang mewakili seluruh subjek berdasarkan kategori Kemampuan Awal Matematis tingkat Atas, Tengah, Bawah yang akan dianalisis Kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan lembar tes soal pemecahan masalah dan juga melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan awal matematis Kelompok atas sudah memiliki Kemampuan pemecahan masalah yang baik, pada tahap memahami masalah, merencanakan masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali sudah dilakukan dengan proses yang benar. siswa dengan kemampuan awal matematis tengah sudah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang cukup baik, pada tahap memahami masalah, membuat rencana sudah dengan tepat dilakukan namun untuk melaksanakan rencana masih didapat kesalahan sehingga dalam memeriksa kembali tidak dapat dilakukan dengan benar. siswa dengan kemampuan awal matematis kelompok bawah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang kurang baik, siswa hanya mampu menjalakan proses memahami masalah saja namun untuk tahap selanjutnya yaitu membuat rencana penyelesaian, dan dalam memeriksa kembali jawaban akhir tidak dapat dilakukan dengan baik dan benar. ditemukan juga siswa dengan kemampuan awal matematis atas memiliki kemampuan pemecahan masalah tingkat sedang dan sebaliknya siswa dengan kemampuan awal matematis bawah juga ada yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tingkat sedang. Kata Kunci: Kemampuan awal Matematis, Pemecahan Masalah Matematis Abstrac This research aims to comprehensively understand and analyze students' answers to the mathematical problem solving abilities of students who have initial mathematical abilities in the upper, middle and lower groups in statistics material. This type of research is qualitative research. The subjects of this research were class VIIIe students at SMP Negeri 22 Jambi City. In this research, 3 samples will be taken representing all subjects based on the upper, middle and lower levels of initial mathematics ability categories. The data in this research was obtained by providing problem solving test sheets and also conducting interviews. The results of the research show that students with initial mathematical abilities in the upper group already have good mathematical problem solving abilities, students with initial mathematical abilities in the middle group have quite good mathematical problem solving abilities, and students with initial mathematical abilities in the lower group. The group has the ability to solve problems. bad math. Most of the students in class VIIIE are students with fairly good mathematical problem solving abilities. Keywords: Initial Mathematical Ability, Problem solving ability

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIREGAR
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:48
Last Modified: 20 Dec 2023 07:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59010

Actions (login required)

View Item View Item