PENGEMBANGAN FLIPBOOK KOLOID BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

ARDIYAH, SITI and HARYANTO, HARYANTO and YUSNIDAR, YUSNIDAR (2023) PENGEMBANGAN FLIPBOOK KOLOID BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (600kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
SKRIPSI_SITI ARDIYAH_A1C118004.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Ardiyah, Siti. 2023. “Pengembangan Flipbook Koloid Berbasis Multipel Representasi Kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Haryanto, M. Kes. (II) Dra. Yusnidar, M. Pd. Kata Kunci : Flipbook, Multipel Representasi, Koloid Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mencakup beberapa istilah dan konsep yang bersifat abstrak dan berhubungan dengan kehidupan sehari–hari. Untuk itu, karakteristik ilmu kimia mudah dipahami apabila mampu direpresentasikan kedalam tiga bentuk level representasi kimia. Ketiga level representasi tersebut ialah level makroskopis, level submikroskopis dan level simbolis. Koloid merupakan materi kimia yang dapat memuat ketiga bentuk level representasi kimia secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook koloid berbasis multipel representasi kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Kota Jambi serta untuk mengetahui kelayakan secara konseptual menurut ahli dan kelayakan secara prosedural menurut pengguna mengenai media pembelajaran flipbook koloid berbasis multipel representasi yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan kerangka Lee dan Owens (2004) yang terdiri dari 5 komponen utama, yaitu penilaian (asessment)/analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Media pembelajaran yang telah dikembangkan, kemudian divalidasi ahli materi desain dan ahli media sebelum diujicobakan. Selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil setelah dinyatakan layak oleh ahli. Hasil ujicoba pada kelompok kecil kemudian diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis data. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data kualitatif (komentar dan saran oleh ahli dan pengguna) dan data kuantitatif (rerata skor jawaban). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi desain dan ahli media terhadap media pembelajaran flipbook koloid berbasis multipel representasi memberikan penilaian dengan kriteria “sangat layak” dan dinyatakan layak untuk diujicobakan. Kemudian hasil penilaian dua guru kimia terhadap flipbook koloid memperoleh nilai 53 pada rentang nilai >48,75–60 dan 54 pada rentang nilai >48,75–60 dengan masing–masing kategori “sangat baik”. Serta hasil uji kelompok kecil 6 siswa mendapatkan skor rerata sebesar 3,78 pada rentang nilai >3,25–4 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook koloid berbasis multipel representasi sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran kimia pada materi koloid.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Flipbook, Multipel Representasi, Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ardiyah
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:16
Last Modified: 28 Dec 2023 07:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59155

Actions (login required)

View Item View Item