MODUL MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR II MATERI ROBOTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PENGETAHUAN

Aldi, Ahmad (2018) MODUL MATA KULIAH ELEKTRONIKA DASAR II MATERI ROBOTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PENGETAHUAN. D3 thesis, -.

[img] Text (Cover)
1. COVER SKRIPSI.docx - Cover Image

Download (231kB)
[img] Text (Abstrak)
7. ABSTRAK.docx - Other

Download (20kB)
[img] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.docx

Download (3MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.docx

Download (26kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang merupakan usaha sistematis dalam bentuk penjelasan-penjelasan yang dapat diuji dan mampu memprediksi gejala alam. Masalah yang terjadi di kelas adalah tidak terbukanya kesempatan bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi ilmunya secara mandiri karena keterbatasan bahan serta keterbatasan waktu. Oleh karena itu diperlukannya inovasi di dalam proses belajar yang dapat menunjang pembelajaran mandiri di rumah. Inovasi pembelajaran dengan mengembangkan bahan ajar berupa Modul diharapkan mampu mengatasi permasalahan ini. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendesain Modul berbasis untuk pembelajaran Elektronika Dasar II yang menggunakan pada materi robotika. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk akhir Modul dan mengetahui persepsi siswa terhadap Modul matakuliah Elektronika Dasar II yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian & pengembangan atau yang biasa dikenal dengan istilah R&D (Research & Development). Model prosedural yang digunakan dalam Penelitian dan pengembangan modul cetak adalah model ADDIE. Model ADDIE adalah model yang dikembangkan oleh Dick and Carry untuk mendesain sistem pembelajaran, dan merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, and Evaluations. Modul yang telah disusun kemudian divalidasi oleh ahli media dan ahli materi untuk selanjutnya diujicobakan pada mahasiswa Pendidikan Fisika yang sebelumnya telah mengontrak mata kuliah Elektronika Dasar II untuk mengetahui tingkat kelayakan Modul berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan. Dari analisis data kuantitatif, hasil ujicoba secara keseluruhan “sangat baik’ dengan perolehan skor sebesar 1277. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul Elektronika Dasar II Materi Robotika Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Pengetahuan dapat digunakan sebagai bahan belajar mandiri maupun kelompok.

Type: Thesis (D3)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Ahmad Aldi
Date Deposited: 23 Nov 2018 01:29
Last Modified: 23 Nov 2018 01:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5926

Actions (login required)

View Item View Item