Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi Guna Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Puspita Sari, Sita and Haryanto, Haryanto and Muhammad, Damris (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Laju Reaksi Guna Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 9 (2). ISSN 2541-0849

[img] Text
JURNAL SITA PUSPITA SARI.pdf

Download (789kB)
Official URL: https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi guna mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik serta kelayakan dan efektivitas penggunaan e-modul berbasis inkuiri terbimbing guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian ini mengikuti model pengembangan Lee & Owens (2004). Kelayakan e-modul ini dilihat dari kelayakan teoritis yaitu hasil validasi ahli media dan ahli desain pembelajaran yang masing-masing medapatkan skor presentase 92% dan 89,41% dengan kriteria “sangat baik”, kelayakan secara praktisi yaitu dari penilaian guru dengan skor presentase 94,58% dengan kriteria “sangat baik” dan respon peserta didik dengan skor presentase 90,88% dengan kriteria “sangat baik/sangat menarik”, dari hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di SMA. Uji efektivitas yang dievaluasi melalui uji t-paired dengan hasil t-hitung sebesar 20,878 lebih besar dari t-tabel, sehingga penggunaan e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi di SMA.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SARI
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:50
Last Modified: 17 Jan 2024 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59781

Actions (login required)

View Item View Item